Doa Bersama Pinandita se-Nusantara: Jaga Keselamatan dan Keselarasan Jagat Semesta

- 25 Oktober 2021, 10:08 WIB
100 orang pinandita dari seluruh Nusantara menggelar doa bersama untuk keselamatan dan keselarasan jagat di  Pura Agung Besakih Karangasem Bali Minggu 24 Oktober 2021.
100 orang pinandita dari seluruh Nusantara menggelar doa bersama untuk keselamatan dan keselarasan jagat di Pura Agung Besakih Karangasem Bali Minggu 24 Oktober 2021. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Pemerintah Provinsi Bali melalui Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (Biro Pemkesra) turut mendukung upacara serta doa bersama Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN)  yang dilaksanakan pada Minggu 24 Oktober 2021 pagi di Pelataran Agung Pura Agung Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, Bali.

Pelaksanaan doa bersama yang dilakukan lebih dari 100 orang pinandita yang berasal dari seluruh Nusantara tersebut, bertujuan untuk menjaga keselamatan dan keselarasan jagat semesta.

Terlebih dunia saat ini sedang berjuang menghadapi pandemi covid-19 atau yang juga disebut sebagai gering agung. Doa bersama tersebut diawali Puja Trisandya, Pemuspan dan diikuti lantunan Gayatri Mantram oleh seluruh pinandita yang hadir.

Baca Juga: Cegah Premanisme dan Kriminalitas lainnya, Polsek Abiansemal Badung Tingkatkan Patroli

Di sela acara, Dirjen Binmas Hindu Kementrian Agama RI Tri Handoko Seto menyebut dirinya sangat merasakan ketenangan dan kedamaian dalam jalannya prosesi doa bersama tersebut.

"Saya merasakan situasi yang berbeda , ada nuansa yang luar biasa dan bahkan panasnya matahari terasa nyaman. Saya juga merasakan waranugraha yang luar biasa saat ini," ujar Tri Handoko.

Baca Juga: Museum dan 15 Jenis Usaha Wisata di DKI Jakarta Boleh Beroperasi

Dirinya melanjutkan, prosesi doa bersama yang dilakukan termasuk upacara dan upakara yang menyertai merupakan momen yang tepat untuk dilaksanakan saat ini.

" Apalagi para pinandita yang baru saja melaksanakan mahasabha, saya harapkan mampu membawa semangat baru saat kembali ke daerahnya masing-masing," katanya. " Semangat baru untuk mendoakan keselamatan bangsa, menjaga keselamatan Nusantara," imbuhnya lagi.***

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x