Pekan Kebudayaan Nasional 2021, Jokowi: Nenek Moyang Wariskan Kearifan dan Ilmu Pengetahuan

- 20 November 2021, 19:10 WIB
Puncak Pekan Kebudayaan Nasional digelar pada  19-26 November 2021. Jadwal bisa dilihat di kanal budaya Indobesiana.tv dan dapat disaksikan tanpa batas di laman PKN.id
Puncak Pekan Kebudayaan Nasional digelar pada 19-26 November 2021. Jadwal bisa dilihat di kanal budaya Indobesiana.tv dan dapat disaksikan tanpa batas di laman PKN.id /PKN.ID

INDOBALINEWS - Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman kebudayaan yang diwariskan oleh nenek moyang bangsa.

Dengan keberagaman tersebut, Indonesia memiliki peluang untuk menumbuhkan pengetahuan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal tersebut saat membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021, Jumat 19 November 2021, secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Jadwal Race 1 World Superbike Sirkuit Mandalika Lombok, Minggu 21 November 2021

“Berangkat dari kekayaan kebudayaan dan kekayaan hayati kita, Indonesia mempunyai peluang besar untuk menumbuhkan ilmu pengetahuan yang berbasis dari peradaban Indonesia,” ujar Jokowi dikutip dari laman Setkab.

Kata dia banyak hal yang dapat dipelajari dan dirujuk dari ilmu pengetahuan dan kearifan masa lalu karya nenek moyang bangsa, termasuk yang tidak tertulis dalam buku literatur atau artikel ilmiah modern.

“Ilmu pengetahuan dan kearifan masa lalu tersebut mungkin tidak tertulis dalam buku literatur atau artikel ilmiah dalam standar modern kita tetapi ilmu nenek moyang kita itu (diwariskan) dalam bentuk narasi lisan, skrip drama, dan pewayangan, serta berbagai kebiasaan-kebiasaan.  Semua itu adalah warisan kebudayaan yang kaya kearifan dan ilmu pengetahuan,” tuturnya.

Baca Juga: Cuaca Buruk di Sirkuit Mandalika Lombok, Race 1 World Superbike Ditunda

Warisan kearifan dan ilmu pengetahuan tersebut, lanjut Jokowi, mungkin tidak terjelaskan secara metodologi modern.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X