Mau Membuat Fim Indie? Mulai Dengan 2 Langkah Ini

- 8 Januari 2022, 19:09 WIB
Riza Pahlevi, sosok dibalik film Makmum
Riza Pahlevi, sosok dibalik film Makmum /Instagram/@rizapahlevittm

INDOBALINEWS - Film independen atau film indie adalah film pendek yang dibuat sebagian besar di luar studio film besar. Film ini juga diproduksi dan didistribusikan oleh studio film independen.

Film indie sendiri merupakan film yang dibuat secara independen, merujuk kepada film seni yang berbeda dari sebagian film komersil yang ditayangkan secara massal.

Biasanya film indie mengambil tema-tema cerita yang dianggap kurang potensial oleh studio besar untuk dipasarkan dengan tema anti mainstream.

Baca Juga: Hasil Tes Urine Negatif, Status Pesinetron Naufal Samudra Sebagai Saksi

Menurut dua orang pegiat film indie, Riza Pahlevi dan Vidya Talisa Ariestya, cerita yang kuat dan keberanian dalam berkarya merupakan langkah awal dan penting dalam memulai membuat film independen (indie).

Bagi Riza, dasar dari film adalah bagaimana dapat menjadi media penyampaian cerita dan pesan yang lebih luas. 

"Film itu basic-nya adalah medium penyampaian cerita dari pembuatnya ke penonton. Ruh dari film adalah cerita. Fokus ke sana, buat cerita yang bagus dengan memperbanyak referensi tontonan," kata Riza seperti dilansir dari Antara Sabtu 8 Januari 2022.

Baca Juga: Seorang Pemancing Meninggal Setelah Hilang Sehari saat memancing di Perairan Benoa Bali

Ia juga menyarankan agar jangan takut membuat film dengan alat apa pun yang kita punya. Filmmaking itu proses belajar, learning by doing. jelasnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x