Perayaan Upacara Keagamaan Rahina Tumpek Uye Pemkot Denpasar di Dam Oongan

- 20 Januari 2022, 18:22 WIB
Tumpek Uye diperingati oleh umat Hindu setiap 210 hari sekali (perhitungan kalender Bali) atau tepatnya pada tepatnya pada Saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Uye.
Tumpek Uye diperingati oleh umat Hindu setiap 210 hari sekali (perhitungan kalender Bali) atau tepatnya pada tepatnya pada Saniscara (Sabtu) Kliwon Wuku Uye. /@jayesh.madhoo/Instagram

INDOBALINEWS - Rahina Tumpek Uye yang jatuh pada Sabtu 29 Januari 2022 mendatang digelar melalui rangkaian prosesi perayaan oleh Pemkot Denpasar.

Rangkaian prosesi perayaan Rahina Tumpek Uye atau Tumpek Kandang dipusatkan di Pura Bugbugan Ulun Danu Dam Oongan, Desa Adat Oongan Kelurahan Tonja.

Rangkaian kegiatan upacara keagamaan di Bali ini meliputi persembahyangan bersama, bersih-bersih lingkungan dan pelepasan ikan dan pelepasliaran satwa.

Baca Juga: Kabar Agenda G20 Batal di Bali, Ini Penjelasan Gubernur Koster

Hal ini terungkap saat pelaksanaan rapat yang di pimpin Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Kamis 20 Januari 2022 di Graha Sewaka Dharma Lumintang Denpasar.

"Pelaksanan perayaan Rahina Tumpek Uye di Kota Denpasar sesuai dengan intruksi Gubernur Bali No. 1 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi," ujar Sekda Alit Wiradana.

Lebih lanjut disampaikan persiapan rangkaian peringatan Rahina Tumpek Uye di Kota Denpasar akan dilaksanakan persembahyangan bersama sebagai implementasi kegiatan Niskala Upacara Danu Kerthi, melepas bibit ikan ke sumber mata air yakni di Dam Oongan sebagai kegiatan Sekala Danu Kerthi.

Baca Juga: Imbas Omicron, 1 Tahap Agenda G20 Dipindah ke Jakarta, 17 Tahap Tetap Digelar di Bali

Disamping itu melepas binatang seperti burung, itik dan ayam di lokasi hutan yang berada di kawasan Dam Oongan hingga pelaksanaan bersih-bersih di kawasan Dam Oongan.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x