Himne Serangan Umum 1 Maret: Diciptakan oleh Sri Sultan HB X, Terinspirasi Sekar Macapat Durma

- 31 Maret 2022, 07:11 WIB
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X
Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X /reqnews.com

INDOBALINEWS – Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X menciptakan Himne Serangan Umum 1 Maret.

Lagu dengan lirik berbahasa Jawa itu terinspirasi dari Sekar Macapat Durma yang dibawakan dengan format choir dan orkestra.

Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan Kridhamardawa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat KPH Notonegoro mengatakan himne ini merupakan sebagai salah satu lagu untuk selebrasi Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HKPN) di Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Baca Juga: Keturunan PKI Bisa Ikut Seleksi Calon Prajurit, Panglima TNI: Kita Punya Dasar Hukum

"Ngarsa Dalem (Sultan Hamengku Buwono X) memberi 'dawuh' (perintah) untuk mencipta satu bentuk lagu sehingga terciptalah Himne Serangan Umum 1 Maret ini," katanya, Rabu 30 Maret 2022.

Notonegoro mengatakan himne tersebut menjadi karya terbaru Sri Sultan Hamengku Buwono X yang terinspirasi dari peristiwa bersejarah Serangan Umum 1 Maret 1949.

"Himne ini diciptakan untuk format choir dan orkestra, dengan lirik berbahasa Jawa yang terinspirasi dari Sekar Macapat Durma," ujarnya.

Kata dia himne itu mengambil konsep perpaduan idiom musik Jawa yaitu laras pelog pathet barang dengan medium musik klasik Barat.

Baca Juga: Ini Perlunya Kombinasi Menu Makanan untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x