Pakis Bali Gelar Pelatihan Ragam Busana Pengantin Bali Pertama di Kabupaten Jembrana

- 23 April 2022, 12:50 WIB
Pasikian Paiketan Krama Istri (PAKIS) MDA Provinsi Bali menggelar Pelatihan Ragam Busana Pengantin Bali bertempat di Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana, Jumat 22 April 2022.
Pasikian Paiketan Krama Istri (PAKIS) MDA Provinsi Bali menggelar Pelatihan Ragam Busana Pengantin Bali bertempat di Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana, Jumat 22 April 2022. /Dok Humas Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Pasikian Paiketan Krama Istri (PAKIS) MDA Provinsi Bali menggelar Pelatihan Ragam Busana Pengantin Bali bertempat di Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Jembrana, Jumat 22 April 2022.

Pelatihan dari Pakis Bali yang diikuti oleh 20 peserta MUA Jembrana ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memberikan pelatihan mengenai ragam busana pengantin Bali khas Jembrana yang dapat digunakan sebagai referensi dalam payas pengantin Bali.

Pemateri pelatihan merupakan pendiri LKP Salon Agung, AA Ayu Ketut Agung. Manggala PAKIS Provinsi Bali, TIA Kusuma Wardani dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam 10 tahun terakhir telah terjadi penyimpangan terhadap pakem seni payas pengantin Bali.

Baca Juga: Kasus Aplikasi Binomo, Pacar Indra Kenz Vannessa Khong dan Ayahnya Ditahan

Prosesi upacara Bali memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda mulai dari tingkatan utama, madya hingga nista dan tentunya pakem payas pengantinnya pun menyesuaikan dengan tingkat prosesi upacara.

Namun yang terjadi di lapangan berbeda, payas pengantin justru mengikuti kehendak pemilik hajatan.

“Saat ini sulit untuk merekontruksi ulang pakem payas pengantin khas Bali karena mayoritas dokumentasi terkait pakem payas pengantin berada di luar negeri khususnya Belanda sehingga memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mengumpulkan fakta-fakta otentik mengenai pakem payas yang sesungguhnya," ujarnya.

Baca Juga: Pukul Anak Tetangga Sampai Benjol, Opa Diamankan Polisi Kena Pasal Perlindungan Anak

Selain itu, lanjutnya setiap daerah memiliki ragam serta pakem payas-nya sendiri, berbeda untuk setiap kabupaten.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x