Tarian Barong di Pawai Budaya Raker Komwil Apeksi 2022 di Kupang

- 22 Juni 2022, 21:04 WIB
Kota Denpasar menampilkan Tarian Barong pada Pawai Budaya dalam rangkaian dari Raker Komwil IV APEKSI ke 17 Tahun 2022 di Kota Kupang Rabu 22 Juni 2022.
Kota Denpasar menampilkan Tarian Barong pada Pawai Budaya dalam rangkaian dari Raker Komwil IV APEKSI ke 17 Tahun 2022 di Kota Kupang Rabu 22 Juni 2022. /Dok Humas Pemkot Denpasar Bali

INDOBALINEWS - Kota Denpasar, Bali menampilkan Tarian Barong pada Pawai Budaya dalam rangkaian dari Raker Komwil IV APEKSI ke 17 Tahun 2022 di Kota Kupang Rabu 22 Juni 2022.

Penampilan Tarian Barong ini dibawakan oleh beberapa Kadis dan Kabag Pemerintah Kota Denpasar serta warga Bali yang tergabung dalam Paguyuban Banjar Dharma Agung Kupang.

Ketua Paguyuban Banjar Dharma Agung Kupang dr. Ari Wijana mengatakan, Tarian Barong merupakan simbol tentang kebaikan, kebajikan atau dharma.

Tari Barong juga merupakan bentuk kesenian yang bersifat Bebali, dimana fungsi nya dalam ritual keagamaan yang identik disebut sebagai Sesuwunan dikalangan masyarakat Bali.

Baca Juga: Dari Ajang FSI 2022: Welcome Investor!, Banyak Pelaku Kuliner Potensial di Indonesia

Dan dipercaya sebagai kekuatan mistis yang menuntun keyakinan manusia dalam mengimplementasikan nilai nilai kebenaran serta memiliki kekuatan gaib atau diyakini dapat melindungi keselamatan umat manusia.

Dengan menampilkan tarian barong pada Pawai Budaya dalam rangkian Apeksi ini diharapkan dapat memperkenalkan kebudayaan Bali pada umumnya dan Kota Denpasar pada khususnya.

"Melalui pawai budaya ini kami juga mengharapkan semua daerah mengenal dan mengetahui kebudayaan Kota Denpasar khususnya dan Bali umumnya," kata Ari Wijana.

Baca Juga: AVPN Conference: Solusi dan Peluang Dalam Hal Ekonomi yang Berkelanjutan dan Inklusif

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x