Tradisi Bau Nyale Digelar 10 hingga 11 Februari 2023

- 11 Januari 2023, 13:14 WIB
Festival Bau Nyale (menangkap cacing laut) Lombok Tengah akan digelar 20-21 Februari 2022 mendatang.
Festival Bau Nyale (menangkap cacing laut) Lombok Tengah akan digelar 20-21 Februari 2022 mendatang. /Instagram/@lampa_lampa_tour

INDOBALINEWS - Acara tradisional khasPulau Lombok, Bau Nyale menjadi pemikat wisatawan yang datang di Pulau Seribu Masjid ini.

Kata Bau berasal dari Bahasa Sasak yang berarti menangkap sedangkan kata Nyale berarti cacing laut yang hidup di lubang-lubang batu karang dibawah permukaan laut.

Untuk tahun ini Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat memutuskan acara Bau Nyae pada tanggal 10-11 Februari 2023 di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Baca Juga: Bali United Fix Jadi Musafir, Tidak Bisa Gunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Putaran Kedua Liga 1 

Waktu acara Bau Nyale ini berdasarkan hasil ritual sangkap warige tokoh budayawan maupun tokoh agama, waktu Bau Nyale (menangkap cacing laut) di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika diputuskan tanggal 10-11 Februari 2023

"Sesuai hasil sangkap warige atau musyawarah. Bau Nyale di Pantai Seger itu ditetapkan, Jumat 10 Februari hingga Sabtu 11 Februari," kata Tokoh Budayawan, Agus Fathurrahman pada acara sangkap warige di Desa Wisata Ende Desa Sengkol di Praya, Rabu 11 Januari 2023.

Baca Juga: Ferdy Sambo Menyesal tak Visum Putri, Ini Alasannya

Ia mengatakan dari hasil sidang medye sangkap warige itu memberikan rekomendasi SOP kepada pemerintah daerah untuk menyusun agenda Bau Nyale.

Rekomendasi kedua, perlu ada konsep dalam ajang Bau Nyale, sehingga nyale bisa keluar pada waktunya. "Nyale akan tumpah ruah (banyak)," katanya dikutip dari Antara.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x