'Tabir Kelam' dari Made Mawut, Mengenang Misteri Sejarah di Tahun 1965

- 7 April 2023, 11:17 WIB
Made Mawut keluarkan single terbaru mengenang misteri sejarah di tahun 1965 rilis offline Jumat 7 April 2023.
Made Mawut keluarkan single terbaru mengenang misteri sejarah di tahun 1965 rilis offline Jumat 7 April 2023. /Dok Chandra

INDOBALINEWS - Banyak kenangan sejumlah peristiwa kelam di negeri ini yang bisa menjadi bahan pelajaran lewat beragam pengungkapan.

Seperti yang dilakukan Made Mawut, solois delta blues Denpasar, Bali, mengutarakan keresahannya sekaligus mengajak kita ingat akan misteri sejarah negeri ini melalui single terbarunya "Tabir Kelam".

Made Mawut berkisah keresahan tentang pembantaian di Indonesia 1965–1966 terhadap orang-orang yang dituduh komunis di Indonesia pada masa setelah kegagalan kudeta Gerakan 30 September (G30S/PKI) di Indonesia.

Baca Juga: Trend Baju Lebaran Tahun 2023, Jangan Sampai Ketinggalan!

Sebagian besar sejarawan sepakat bahwa setidaknya setengah juta orang dibantai. Namun hingga kini masih menyisakan banyak misteri.

Kala itu ratusan ribu, mungkin jutaan nyawa tak bersalah melayang tanpa proses pengadilan. Sanak keluarga kehilangan jejak tanpa kabar, mempertanyakan dimana jasad mereka dikebumikan. 

Baca Juga: Lirik Lagu 'Tak Segampang Itu' Anggi Marito yang Sukses Bikin Galau

Berlatar kisah pilu itu, Made Mawut mengutarakan keresahannya sekaligus mengajak kita ingat akan sejarah negeri ini melalui single terbarunya "Tabir Kelam".

Menggandeng kawan satu tongkrongan duo folk Nosstress, single "Tabir Kelam" telah dirilis di kanal musik digital, 31 Maret 2023. 

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x