NASA Siapkan Misi ke Bulan Jupiter, SpaceX Ditunjuk Sediakan Layanan Peluncuran Wahana

- 25 Juli 2021, 11:11 WIB
SpaceX, usaha roket milik Elon Musk, ditunjuk NASA untuk menyediakan layanan peluncuran dengan kontrak sekitar 178 juta dolar AS untuk misi penyelidikan terperinci terhadap Europa, bulan Jupiter.
SpaceX, usaha roket milik Elon Musk, ditunjuk NASA untuk menyediakan layanan peluncuran dengan kontrak sekitar 178 juta dolar AS untuk misi penyelidikan terperinci terhadap Europa, bulan Jupiter. /REUTERS/Thom Baur

INDOBALINEWS – Persaingan untuk melakukan aktivitas di antariksa kian sengit membuat sejumlah negara berlomba-lomba mengangkasa sejauh mungkin.

Kini lembaga antarisa Amerika Serikat NASA tengah mempersiapkan penyelidikan terhadap Europa, sebuah bulan es Jupiter.

SpaceX, usaha roket milik Elon Musk, ditunjuk NASA untuk menyediakan layanan peluncuran dengan kontrak sekitar 178 juta dolar AS untuk misi penyelidikan terperinci terhadap Europa, demikian rilis resmi NASA, Sabtu 24 Juli 2021.

Baca Juga: Dubai Lawan Cuaca Panas dengan Hujan Buatan, Manfaatkan Teknologi Drone

Misi Europa Clipper bakal diluncurkan pada Oktober 2024 dengan roket Falcon Heavy buatan SpaceX di landasan Launch Complex 39A, Kennedy Space Center NASA, Florida.

Misi Europa Clipper 2024 bakal melakukan survei rinci tentang Europa dengan bantuan seperangkat instrumen sains yang canggih untuk menyelidiki apakah bulan es punya kondisi yang cocok untuk kehidupan.

Rincian penyelidikan itu antara lain untuk menghasilkan gambar resolusi tinggi dari permukaan Europa, menentukan komposisinya, mencari tanda-tanda aktivitas geologi baru-baru ini atau yang sedang berlangsung, mengukur ketebalan cangkang es bulan, mencari danau bawah permukaan, dan menentukan kedalaman dan salinitas laut Europa.

Kontrak tersebut, seperti dilansir Reuters, Minggu 25 Juli 2021,  menandai kepercayaan NASA terhadap SpaceX setelah sukses beberapa tahun terakhir membawa beberapa muatan kargo dan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk NASA.

Baca Juga: Intip Teknologi Mobil Sport Listrik Pertama Porsche, Sudah Mengaspal di Bali

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x