Wisata Baluran, Lokasi 'Pohon Raisa' Berpotensi Ditutup Antisipasi Kebakaran Hutan Musim Kemarau

- 2 Juli 2024, 09:14 WIB
Taman Nasional Baluran, rekomendasi wisata alam Banyuwangi
Taman Nasional Baluran, rekomendasi wisata alam Banyuwangi /Instagram @_rolret

INDOBALINEWS - Sejumlah langkah diambil pengelola Balai Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur saat musim kemarau untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan.

Selain mendirikan posko di beberapa titik di wilayah hutan konservasi itu dalam upaya memperkuat pengamanan kawasan dari kebakaran hutan dan lahan memasuki musim kemarau tahun ini, juga ada potensi untuk penutupan bagi wisatawan.

Menurut Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan di Situbondo, Senin 1 Juli 2024, jika tingkat kemarau-nya sangat tinggi dan ancaman terjadinya kebakaran hutan cukup besar, maka petugas taman nasional akan melakukan penutupan sementara bagi pengunjung wisata alam itu.

"Barangkali kami akan tutup untuk kunjungan wisata jika potensi kebakarannya cukup tinggi, karena kami tidak ingin mengambil risiko," ucap dia.

Baca Juga: Gagal Nikah Lagi, Blak Blakan Ayu Ting Ting Pilih Putus dari Lettu Fardhana, Begini Alasannya

Seperti diketahui Taman Nasional Baluran menyajikan keindahan alam yang didominasi savana atau sabana,  padang rumput yang dipenuhi oleh semak atau perdu dan diselingi oleh beberapa jenis pohon yang tumbuh menyebar, seperti palem dan akasia.

Banyak spot instagramable di sini termasuk  pohon akasia di Savana Bekol. Ada satu pohon yang pernah dijadikan syuting video klip penyanyi Raisa sehingga dijuluki sebagai "Pohon Raisa".

Akasia merupakan pohon jenis semak-semak yang berasal dari Afrika. Bentuknya yang cantik di antara rerumputan kering dan semak belukar membuatnya sering dijadikan latar berfoto.

Baca Juga: Gagal Nikah Lagi, Blak Blakan Ayu Ting Ting Pilih Putus dari Lettu Fardhana, Begini Alasannya

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah