Update Kebakaran Hutan di Bali, Tak Terlihat Titip Api dan Asap di Lereng Gunung Agung

- 7 Oktober 2023, 09:49 WIB
Visual Gunung Agung Sabtu 7 Oktober 2023 usai mengalami kebakaran hutan dan lahan di sekitarnya beberapa hari sebelumnya.
Visual Gunung Agung Sabtu 7 Oktober 2023 usai mengalami kebakaran hutan dan lahan di sekitarnya beberapa hari sebelumnya. /Dok BPBD Bali

INDOBALINEWS - Situasi visual Gunung Agung pada Sabtu 7 Oktober 2023 tak ada lagi terliat asap maupun titik api. Berdasarkan laporan Kepala Resort Polisi Hutan (KRPH) Kubu, Daya dan Rendang situasi sekitar lereng Gunung Agung pada hari ini jelas dengan cuaca cerah. 

"Tim TRC BPBD Karangasem bersama BPBD Provinsi Bali akan kembali melakukan pemantauan Karhut di Wilayah Kecamatan Kubu," jelas Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin Sabtu 7 Oktober 2023.

Sebelumnya pada Jumat pagi berdasarkan informasi dari Bhabinkamtibmas Baturinggit, kondisi yang sama juga terlihat di sekitar Gunung Agung. Beda dengan kondisi pada Kamis 5 Oktober 2023, seperti yang diaporkan KRPH Kubu dan Daya pada pagi hari titik api ataupun asap tidak terlihat dari pagi pukul 08:30 Wita.

Baca Juga: Real Madrid vs Osasuna: Prediksi Pertandingan, Head to Head dan Link Live Streaming La Liga

Namun pada pukul 12.50 wita terlihat 1 titik api yang berada dekat dengan puncak Gunung Agung dan tidak bisa di jangkau, pada pukul 14.25 titik api tersebut sudah tidak terpantau.

Diperkirakan titik api asap tersebut merupakan sisa bara dari batang kayu yang tertiup angin akibat kebakaran sebelumnya. Sampai pukul 20.00 wita sementara tidak terlihat titik api/asap dari pemantaun yang dilakukan dari wilayah RPH Daya.

Baca Juga: Jelang MotoGP di Mandalika Lombok, Sandiaga Uno Wanti Wanti Homestay dan Hotel tak Boleh Naik 3 Kali Lipat

"BPBD Karangasem terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk perkembangan situasi saat ini, hal hal lain jika ada yang menonjol akan di update kembali," imbuh Rentin.

Rentin juga mengatakan selain melakukan pemantauan BPBD Provinsi Bali menyerahkan bantuan masker untuk Kelompok Tani Bukit Anyar sebanyak 500 pcs dan peminjaman 2 alat semprot gendong. ***

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x