Banjir Lahar di Sumbar: 3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat

- 19 Mei 2024, 16:10 WIB
Pantauan awan di sekitar Kota Padang usau tim gabungan menyemai NaCl Sabtu 18 Mei 2024.
Pantauan awan di sekitar Kota Padang usau tim gabungan menyemai NaCl Sabtu 18 Mei 2024. /Dok BNPB

INDOBALINEWS - Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) kembali menggelar operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di wilayah Sumatra Barat, pada Sabtu 18 Mei 2024.

Operasi TMC kali ini dilaksanakan sebanyak tiga sorti dengan durasi penerbangan lebih kurang 6 jam 11 menit. Menurut Abdul Muhari, Ph.D. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB lokasi penyemaian tersebut dilakukan dengan fokus di wilayah sekitar daerah aliran sungai di lereng Gunung Marapi.

"Total NaCl yang disemai pada operasi TMC kali ini berjumlah 3.000 kilogram atau 3 ton, yang mana setiap sorti penyemaian dilakukan sebanyak 1.000 kilogram," ujar Abdul Muhari dalma pernyataan resminya yang dilansir Minggu 19 Mei 2024.

Sorti pertama dilakukan pada pukul 10.21 WIB dengan target penyemaian di sekitar wilayah tenggara hingga timur Kota Padang yakni wilayah Sijunjung dan Solok bagian selatan. Sorti 1 ini dilakukan dengan ketinggian 11.000 kaki.

Baca Juga: WWF ke-10: Tiba di Bali Elon Musk Dijemput Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan

Kemudian, sorti kedua ditargetkan dapat dilaksanakan pada pukul 13.02 WIB, dengan target penyemaian awan di sekitar wilayah Pesisir Selatan yaitu bagian selatan Kota Padang. Penyemaian ini dilakukan di ketinggian 12.500 hingga 13.000 kaki.

Sementara sorti ketiga akan dilaksanakan pada pukul 15.59 WIB dengan target penyemaian di sekitar wilayah timur laut hingga timur Kota Padang, di ketinggian 11.000 kaki.

Penyemaian yang dilakukan di pagi menjelang siang hingga sore hari ini dikarenakan awan potensi hujan sudah teridentifikasi ketika menjelang siang hari.

Hal ini sebagaimana prediksi curah hujan harian dari BMKG di lima wilayah yaitu Pariaman, Padang, Bukittinggi, Batu Sangkar, dan Padang Panjang diprediksi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebesar 6,3 sampai 16,6 milimeter per hari.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah