Peran Aktif Dasa Wisma Jadi Tonggak Suksesnya Pembangunan SDM Bali

- 10 September 2020, 14:04 WIB
Putri Suastini Koster mengajak  BKKBN dan Dasa Wisma berperan aktif mengoptimalisasi peran untuk mendukung pembangunan keluarga di masa pandemi.
Putri Suastini Koster mengajak BKKBN dan Dasa Wisma berperan aktif mengoptimalisasi peran untuk mendukung pembangunan keluarga di masa pandemi. /shira ade/Dok Pemprov Bali

 

INDOBALINEWS - Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster mengajak  BKKBN dan Dasa Wisma berperan aktif mengoptimalisasi peran untuk mendukung pembangunan keluarga di masa pandemi.

Baca Juga: Update Penanggulangan Covid-19 di Bali, 9 September 2020

"Peran aktif kelompok Dasa Wisma menjadi tonggak bagi suksesnya pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang ada di wilayahnya masing masing," ujar Putri Koster saat didaulat sebagai salah satu narasumber dalam acara "Review Program Bangga Kencana BKKBN Provinsi Bali 2020". Acara tersebut diselenggarakan secara virtual, di Jaya Sabha Denpasar, Rabu 9 September 2020.

Baca Juga: Demi Bartahan Hidup, Nekat Curi Sapi Malam-malam Lewat Pos Siskamling di Bali, Akhirnya...

Dikatakannya juga Kelompok Dasa Wisma memiliki tugas utama melakukan penyuluhan, penggerakan dan mencatat kondisi keluarga yang ada dalam kelompoknya, seperti adanya ibu hamil, ibu menyusui, jumlah balita, anggota keluarga yang sakit, jumlah orang yang buta huruf dan sebagainya.

Lebih lanjut dikatakannya, Tim Penggerak PKK berperan sebagai motivator, fasilitator, perencanaan, pelaksana, pengendali dan penggerak pembinaan teknis kepada keluarga dan masyarakat.

Baca Juga: Pohon Tumbang Nyawa Melayang di Buleleng Bali

Tugas ini dilaksanakan atas kerja sama dengan dinas/ instansi pemerintah terkait, LSM/LSOM, serta para ahli terkait. Sehingga salah satu strategi Tim Penggerak PKK dalam menjangkau keluarga dilaksanakan melalui kelompok Dasa Wisma, adalah mereka yang terdiri dari 10-20 kepala keluarga yang rumahnya berdekatan, yang dipimpin oleh Ketua Kelompok Dasa Wisma.

Dijelaskannya ada beberapa strategi dalam mengoptimalisasi peran Dasa Wisma dalam melaksanakan kegiatan itu. Strategi tersebut untuk mendukung pembangunan keluarga di masa pandemi Covid-19, di antaranya :

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah