Viral, Kebakaran Bukit di Kawasan Hutan Lindung di Bali, Penyebabnya Belum Diketahui

- 25 September 2023, 18:17 WIB
Video kebakaran bukit yang terjadi di sebuah bukit yang berlokasi di Desa Kertha Mandala, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, viral di media sosial, Senin 25 September 2023.
Video kebakaran bukit yang terjadi di sebuah bukit yang berlokasi di Desa Kertha Mandala, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, viral di media sosial, Senin 25 September 2023. /tangkapan layar @adipatialit

INDOBALINEWS - Video kebakaran bukit yang terjadi di sebuah bukit yang berlokasi di Desa Kertha Mandala, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, viral di media sosial, Senin 25 September 2023.

Bukit yang terbakar tersebut masuk kawasan Hutan Lindung Gondangdia, di Kabupaten Karangasem, Bali.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Karangasem I Made Agus Budiyasa mengatakan, bahwa peristiwa kebakaran di bukit tersebut sekitar pukul 16:00 WITA dan padam sendiri sekitar pukul 17:30 WITA.

Baca Juga: Hikmah Kisah Maryam dan Nabi Zakaria AS Ditilik oleh Ustadz Adi Hidayat Lc MA

"Kita tidak melakukan pemadaman, karena itu ada di bukit atau di puncak dan akses juga tidak bisa. Kita hanya memantau perkembangan apinya saja jangan sampai melebar turun. Kalau turun memang ada beberapa titik rumah itu yang kita antisipasi agar jangan sampai ke sana," kata Budiyasa, saat dihubungi.

Ia menyebutkan, bahwa lahan yang terbakar di bukit tersebut diperkirakan mencapai sekitar dua hektar dan yang terbakar adalah ilalang dan padang rumput yang banyak tumbuh di bukit tersebut.

"Kalau luasnya kita sulit mengukurnya, karena itu ada di daerah bukit di lereng dan di situ tumbuhannya isinya ilalang, mungkin sekitar dua hektar (yang terbakar)," imbuhnya.

Baca Juga: Semangat Juang Timnas U-24 Indonesia: Lolos ke 16 Besar Asian Games 2022 Meski Kalah dari Korea Utara

Pihaknya tidak mengetahui secara pasti penyebab kebakaran di bukit tersebut. Mungkin saja karena kekeringan karena di daerah tersebut sudah lama tidak turun hujan. Sementara, dalam peristiwa itu tidak ada kerugian material milik warga yang terbakar karena api hanya di merembet di sekitar lereng bukit.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x