Aplikasi Zoom Mengubah Wajah Menjadi Lebih Tua? Ini Penjelasannya

- 2 Mei 2021, 07:05 WIB
Illustrasi zoom meeting.
Illustrasi zoom meeting. /Pixabay/Jagrit Parajuli

INDOBALINEWS – Sejak WHO menyatakan pandemi Covid-19 pada 11 Maret 2020, banyak pertemuan dilakukan secara daring.

Aplikasi Zoom pun banyak digunakan sebagai media pertemuan baik untuk kalangan pendidikan, pegusaha, hingga reuni dan sebentar lagi halal bi halal virtual.

Jika Anda merasa tampak lebih tua saat melakukan pertemuan via layanan Zoom tersebut, bisa jadi karena platform ini mengubah citra diri Anda.

Baca Juga: Tips Aman dan Nyaman Ketika Teman Online Ingin Bertemu Langsung

"Beberapa di antaranya karena persepsi, yang saya sebut 'Zoom wajah'. Antara pencahayaan yang terlalu terang, sudut yang aneh, dan hanya menatap wajah Anda selama berjam-jam dapat mengubah persepsi Anda tentang penampilan Anda sendiri," kata kata dokter kulit di Texas, Amerika Serikat Rajani Katta, dikutip dari Antaranews, Minggu 2 Mei 2021.

Namun, perubahan yang terjadi mungkin juga nyata saat offline, salah satunya karena stres selama pandemi Covid-19 akibat kehilangan kesempatan bertemu langsung orang yang dicintai, merasa gelisah, yang kemudian merusak kulit dan menyebabkan garis-garis samar.

Stres bisa mengganggu tidur yang menyebabkan kelopak mata bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata. Tubuh juga melepaskan lebih banyak kortisol saat stres, menghentikan produksi kolagen (kolagen berfungsi mencegah keriput).

Baca Juga: Mayoritas Pekerja di Indonesia Inginkan Bekerja dari Rumah

Untuk tampilan kulit yang lebih baik, disarankan rutin berolahraga, tidur cukup, dan makan makanan yang kaya antioksidan.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah