Cara Cegah Kucing Terpapar Virus Panleukopenia dan Feline Calicivirus, Jika Sudah, Begini Cara Merawatnya

- 11 September 2023, 15:26 WIB
Ilustrasi./Alasan Kucing Benci Air./freepik.com - @wirestock
Ilustrasi./Alasan Kucing Benci Air./freepik.com - @wirestock /

INDOBALINEWS- Para pecinta kucing yang juga memelihara hewan lucu ini di rumah, wajib mengetahui sejumlah virus yang bisa hinggap di tubuh mereka.

Bagi kalian para pemilik kucing, sangat penting untuk mempelajari ciri virus yang mengidap kucing peliharaan kalian agar dapat mencegah dan mengobatinya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri virus yang menyerang kucing.

1. Feline Panleukopenia (FPV).
Feline Panleukopenia virus (FPV) adalah virus yang sangat menular yang menargetkan sel-sel di saluran usus dan sumsum tulang. Virus panleukopenia termasuk jenis virus yang sulit dimatikan dan resisten terhadap banyak desinfektan.

Baca Juga: Mengenang Tragedi 11 September, Pemicu Global War on Terorism

Gejala
Ciri-ciri pertama yang bisa diidentifikasi bila kucing kalian terkena virus ini salah satunya lesu, kehilangan nafsu makan, demam tinggi, muntah, diare parah, keluar ingus, dan dehidrasi. Kucing juga mungkin duduk dalam waktu lama di depan mangkuk airnya tetapi tidak minum banyak air.

Perawatan
Biasanya kucing yang terserang virus ini tidak akan selamat meski sudah dirawat inap, namun ada antibiotic yang dapat penyelamat dan memerangi virus tempat dia menginveksi. Kucing yang selamat dan bertahan dari virus ini kemungkinan besar akan kebal dari virus ini seumur hidup.

Baca Juga: Viral Bersetubuh di Depan Rumah Warga, Pria Bule dan Cewek Lokal Masih Dicari Identitasnya

Tips Mencegah Penularan Virus Panleukopenia pada Kucing
Pencegahan virus panleukopenia paling ampuh adalah dengan pemberian vaksin. Kebanyakan anak kucing menerima vaksinasi pertama antara usia 6 dan 8 minggu, Anak kucing juga harus mendapatkan kolostrum, susu pertama yang diproduksi oleh induknya untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Dari Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x