Hindari Panas Berlebihan pada Ponsel, Berikut Tips Praktisnya Termasuk Lepas Casing Saat Isi Baterai

- 16 September 2023, 06:20 WIB
Iustrasi Ponsel.Tips praktis hingdari panas berlebih pada ponsel
Iustrasi Ponsel.Tips praktis hingdari panas berlebih pada ponsel /ANTARA/HO-OPPO Indonesia

 

INDOBALINEWS - Panas berlebihan pada ponsel menjadi masalah yang umum yang semestinya bisa dihindari agar kinerja perangkat bisa maksimal sekaligus menjaga perangkat lebih awet.

Sebab, sejumlah kerugian akan dialami terkait panas berlebih pada ponsel, dari  bisa memperlambat kinerja, merusak daya tahan baterai, hingga menyebabkan kerusakan fisik pada komponen internal seiring waktu. Dalam kasus yang parah, pemanasan berlebihan dapat menyebabkan masalah keamanan.

Padahal jika ingin hal itu ingin dihindari ada sejumlah tips praktis sederhana yang bisa dilakukan setiap pengguna ponsel seperti dilansir Antara dari TechRound.

Baca Juga: Piala Dunia U 17: Timnas Indonesia Terhindar Dari Grup Neraka

Pertama, kurangi aktivitas yang intensif. Penggunaan berkepanjangan aplikasi atau gim yang membutuhkan banyak sumber daya dapat membuat ponsel pintar menjadi panas. Disarankan untuk mengambil istirahat reguler saat melakukan aktivitas semacam itu.

Kedua, hindari sinar matahari langsung. Menyimpan ponsel di bawah sinar matahari langsung dapat membuatnya cepat panas. Jika berada di luar ruangan, upayakan untuk menyimpan ponsel pintar di tempat yang teduh.

Berikutnya, lepaskan casing ponsel saat mengisi daya baterai. Beberapa casing ponsel dapat menahan panas. Melepaskan casing ponsel saat mengisi daya dapat membantu menjaga suhu perangkat tetap rendah.

Baca Juga: Sindikat Curanmor di 14 TKP di Denpasar dan Kuta Terkuak, Dua Pelaku Ditembak

Tips selanjutnya adalah dengan selalu memperbarui perangkat lunak. Produsen ponsel pintar sering memberikan pembaruan yang meningkatkan efisiensi perangkat dan mencegah pemanasan berlebihan.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: techround.co.uk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x