Mantan Petinggi OPM Angkat Bicara Soal Dampak Kesehatan Lukas Enembe

- 24 Oktober 2022, 15:21 WIB
Alex Makabori, mantan  KASAD Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM).
Alex Makabori, mantan KASAD Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM). /Dok Wira

INDOBALINEWS - Kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe yang menyita perhatian berbagai kalangan termasuk perhatian pemerintah pusat selama beberapa bulan terakhir, dinilai berlebihan.

Sebagian tokoh masyarakat Papua khawatir tersitanya perhatian pada urusan kesehatan Lukas bisa menyebabkan Pemerintah kehilangan fokus mengawal berlangsungnya roda pembangunan di Bumi Cenderawasih.

Seperti yang dikatakan Alex Makabori, mantan  KASAD Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Baca Juga: Terseret Arus Saat Mandi, Jenasah Judin Ditemukan di Pinggiran Sungai

Ia mengigatkan agar pemerintah pusat tidak hanya fokus mengurus kesehatan Lukas dan mengabaikan urusan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat banyak di wilayah Provinsi Papua.  

Pemilik nama lengkap Alex Ruyawri Yessi Makabori ini bahkan mengusulkan kepada Pemerintah pusat untuk mengangkat seorang caretaker.

Baca Juga: Pasca Merebaknya PMK: Swasta Diminta Bantu Peternak Sapi Perah

Karena Gubernur Lukas Enembe sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di Papua  tidak bisa berfungsi optimal akibat gangguan kesehatan.

“Lukas Enembe karena sakit, tidak menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala daerah, maka karena itu harus ada caretaker atau pejabat sementara untuk memimpin Papua ke depan, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di negara ini,” kata Alex  di Jayapura, Senin 24 Oktober 2022 dalam pernyataan resminya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x