Komisi VII DPR Angkat Suara Soal Tata Ruang Industri dan Permukiman di Jakarta untuk Kurangi Polusi Udara

- 10 September 2023, 17:29 WIB
Polusi udara di Jakarta.
Polusi udara di Jakarta. /Dok. ANTARA

INDOBALINEWS - Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris angkat suara ihwal tata ruang industri dan permukiman di wilayah sekitaran Jakarta. Dia menuturkan kedua hal ini perlu diperbaiki guna mengurangi tingginya polusi udara yang melanda ibu kota belakangan ini.

Menurut Andi, salah satu faktor penyebab buruknya kualitas di Jakarta adalah tidak adanya tata ruang industri dan pemukiman yang baik di sejumlah wilayah yang menjadi kawasan industri.

Hal itu, sambung dia, dalam keterangannya di Jakarta seperti dilansir dari Antaranews.com, Minggu 10 September 2023, disebabkan tidak ada sanksi bagi penyelenggara kebijakan yang tidak mampu menjalankan rencana tata ruang.

Baca Juga: Bandara Ngurah Rai Catat Airbus A380 Layani 118.783 Penumpang Hanya Dalam 100 Hari

Dia mengambil contoh di sekitar Bekasi, Jawa Barat, terdapat daerah-daerah industri kecil, tetapi juga menggunakan solar, menggunakan pembangkit yang kecil tetapi juga ada batu bara.

"Aktivitas industri kecil tersebut dapat menghasilkan polutan yang berkontribusi pada polusi udara layaknya sektor transportasi," ujar Andi, Minggu.

Di sisi lain, Andi menilai transportasi di Kota Jakarta banyak kendaraan motor roda dua, yang mayoritas bisa dikatakan 100 persen menggunakan pertalite, yang RON-nya lebih rendah dibandingkan dengan Pertamax.

Baca Juga: Delegasi Konferensi Organisasi Otomotif Dunia Kunjungi Tuksedo Studio di Desa Ketewel, Akses Jalan Disorot

Oleh karena itu, Andi mengimbau kepada para kepala daerah di sekitar Jakarta, seperti Bekasi, Karawang, dan Cikarang, untuk duduk bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Banten, dan Gubernur Jawa Barat guna memetakan wilayah industri dan memperbaiki tata ruangnya.

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x