Viral di Medsos, Beras Plastik Dijual di Masyarakat, Cek Faktanya

- 12 Oktober 2023, 13:21 WIB
Ilustrasi beras plastik atau beras sintetis.
Ilustrasi beras plastik atau beras sintetis. /Pixabay/Ulleo/

INDOBALINEWS - Beberapa hari belakangan, viral di medsos adanya peredaran beras plastik di masyarakat.

Dalam tayangan video yang viral itu terlihat orang yang membuat video menggenggam nasi lantas dibentuk bola padat lalu bisa memantul saat dilempar.

Menurut Wakil Ketua Pusat Halal Universitas Gadjah Mada (UGM) Nanung Danar Dono jikapun begitu, bukan berarti mengindikasikan nasi tersebut terbuat dari plastik.

menyampaikanjika ada orang yang membuat video menggenggam nasi lantas dibentuk bola padat lalu bisa memantul saat dilempar, maka hal itu bukan berarti mengindikasikan nasi tersebut terbuat dari plastik.

Baca Juga: Transfer Pemain Liga 1: Persebaya Surabaya dan PSS Sleman Balapan Incar Striker PSIS Semarang Carlos Fortes

Wakil Ketua Pusat Halal Universitas Gadjah Mada (UGM) Nanung Danar Dono memastikan informasi yang beredar di media sosial terkait peredaran beras plastik adalah hoaks atau bohong.

Nanung dalam keterangan resmi UGM di Yogyakarta, Rabu, mengatakan manakala informasi itu benar maka saat beras dari plastik dikukus mustahil bisa mengembang atau berubah wujud menjadi nasi.

Baca Juga: Overstay 54 Hari gegara Punya Masalah Liver, Bule Belarusia Dideportasi dari Bali

"Jika memang benar ada, maka saat dipanaskan ia hanya akan berubah menjadi beras plastik panas, bukan berubah menjadi nasi," ujar dia dilansir dari Antara.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x