Hari Batik Nasional 2 Oktober, Cek Fakta Sejarah Batik !

- 2 Oktober 2020, 14:35 WIB
Perajin batik tengah menuangkan karyanya dalam Mural Batik. Hari ini 2 Oktober 2020 masyarakat Indonesia merayakan Hari Batik Nasional
Perajin batik tengah menuangkan karyanya dalam Mural Batik. Hari ini 2 Oktober 2020 masyarakat Indonesia merayakan Hari Batik Nasional /tim indobalinews2/MURAL motif batik/RETNO HERIYANTO/PR

INDOBALINEWS - Hari ini 2 Oktober, sebagian besar pecinta Batik di seluruh pelosok Indonesia tengah dengan bangganya memakai batik memperingati Hari Batik Nasional.
 
Perayaan Hari Batik Nasional ini terjadi setelah kain bermotif khas Indonesia itu masuk dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak-benda United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada 2009 lalu.
 

Batik diakui oleh UNESDO saat sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah tetang Warisan Budaya Tak-Benda yang terjadi di Abu Dhabi, pda 2 Oktober 2009 lalu. Demikian yang dikutip indobalinews.com dari artikel yang ditulis Rahmi Nurfajriani di pikiran rakyat.com.

Pengakuan dari UNESCO ini menjadi alasan Indonesia menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Baca Juga: Presiden AS Donald Trump dan Isteri Positif Covid-19

Tapi tahukan bahwa batik sudah ada sejak Masa Kerajaan Majapahit?

Berdasarkan sejarah, pembatikan di Indonesia sudah dimulai sejak masa Kerajaan Majapahit. Kemudian pengembangannya terus berlanjut di masa Kerajaan Mataram, lalu Kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Baca Juga: Biasa Digunakan sebagai Parfum, Plumeria Rubra juga Memiliki Khasiat Baik untuk Tubuh

Sebuah sisa-sisa peninggalan batik di wilayah Mojokerto dan Bonorowo (Sekrang Tulungagung) menjadi bukti Kerajaan Majapahit menjadi yang pertama menerapkan batik di Indonesia.

Selain itu, sebelum dirayakannya Hari Batik Nasional kain motif khas Indonesia ini memiliki beberapa sejarah menarik.

Baca Juga: September 2020 Bali Alami Deflasi Lebih Dalam Dibanding Nasional

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x