Pep Guardiola Disebut Sembunyikan Dana Rp 8,3 M di Andorra

- 4 Oktober 2021, 13:29 WIB
Pep Guardiola
Pep Guardiola /Fafa Suteja

INDOBALINEWS - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, dikabarkan menyembunyikan dana 500.000 euro atau Rp 8,3 miliar di sebuah bank di Andorra. Dana tersebut tidak dideklarasikannya hingga saat ini.

Nama mantan pelatih Barcelona itu Pep Guardiola itu muncul di Pandora Papers, sebuah publikasi oleh International Consortium of Investigative Journalists. Menurut La Sexta dan El Pais, pelatih Manchester City memegang rekening koran di Andorra hingga 2012, karena ia memanfaatkan pengampunan pajak yang telah diperkenalkan oleh pemerintah Mariano Rajoy untuk mengatur situasi fiskalnya.

Sampai saat itu, Guardiola belum mendeklarasikan rekening giro ini ke Badan Pajak Spanyol.

Baca Juga: Viral, Presiden Joko Widodo Makan Jagung Rebus Sambil Berdiri di Kios Pedagang di Pinggir Jalan Kota Sorong

Sebuah sumber yang dekat dengan Guardiola telah menyatakan bahwa akun tersebut, milik Banca Privada d'Andorra, berisi gaji saat dia membela Al-Ahli. Klub Qatar itu dia bela pemain antara 2003 dan 2005.

Ketika dia mengambil keuntungan dari pengampunan pajak, dia mengatur sekitar 500.000 euro, membayar retribusi pajak 10 persen yang telah ditetapkan oleh Cristobal Montoro, menteri Badan Pajak Spanyol.

Menurut penyelidikan, Guardiola tampaknya menjalankan bisnis pendaftaran di Panama, Repox Investments, antara 2007 dan 2012, yang merupakan tahun-tahun ia bekerja di Barcelona, ​​pertama sebagai pelatih tim B dan kemudian tim utama.

Baca Juga: Real Madrid Kalah di Espanyol, Ancelotti: Ini Penampilan Terburuk Kami

Dia menggunakan bisnis ini untuk "menjaga identitasnya" dalam sebuah tindakan atas inisiatif bank Andorra.

Halaman:

Editor: Fafa Suteja

Sumber: Marca


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x