Sejarah MotoGP: Pertama Digelar 1949 dengan Kapasitas Mesin 500 CC, Besok Laga di Sirkuit Mandalika

- 17 Maret 2022, 05:35 WIB
MotoGP klasik.
MotoGP klasik. /motogp.com

INDOBALINEWS – MotoGP Indonesia bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret 2022.

Para pebalap dari seluruh duinia telah hadir di Lombok setelah sebelumnya bertemu dengan Presiden Jokowi dan melakukan parade di Jakarta, Rabu 16 Maret 2022.

Saat audiensi dengan para pebalap dunia di Istana Merdeka, Jokowi mengungkapkan 60 ribu tiket momtom otoGp di Sirkuit Mandalika telah habis terjual.

Baca Juga: Diperiksa Polisi Terkait Kasus Doni Salmanan, Rizky Febian: Saya Ingin Mencari Kebenaran

“Target tiket yang telah kita berikan 60 ribu alhamdulillah semuanya sudah terjual. Kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain,” ujarnya.

Besok, dengan dimulainya balap motor di Mandalika merupakan sejarah baru bagi MotoGP di Indonesia setelah penantian 25 tahun kembali menggelar ajang ini.

Pada 1997 Indonesia pernah menggelar MotoGP di Sirkuit Sentul Bogor, Jabar yang diikuti pebalap sohor di antaranya Valentino Rossi dan Max Biaggi.  

Saat ini, setelah seperempat abad, ajang kembali digelar dan seluruh persiapan lomba balap motor dunia telah rampung yang melibatkan sejumlah pihak baik swasta, pemerintah, maupun masyarakat umum, khususnya di Pulau Lombok.

Dikutip dari KaranganyarNews, sebelum menjadi besar dan gegap gempita seperti sekarang, MotoGp memiliki sejarah panjang yang dimulai pada 1949 dengan mesin berkapasitas kecil 500 cc.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Karanganyar News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x