Uma Palak Festival Kelurahan Peguyangan Angkat Tajuk 'Budaya Lestari Petani Berseri'

- 23 September 2023, 23:03 WIB
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menbuka secara resmi Uma Palak Festival Tahun 2023 di Kawasan Ekowisata Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan, Sabtu 23 September 2023.
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menbuka secara resmi Uma Palak Festival Tahun 2023 di Kawasan Ekowisata Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan, Sabtu 23 September 2023. /Dok Pemkot Denpasar

 

 

INDOBALINEWS - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Uma Palak Festival Tahun 2023 yang ditandai dengan pelepasan burung merpati di Kawasan Ekowisata Subak Sembung, Kelurahan Peguyangan, Sabtu 23 September 2023.

Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan Hari Tani Nasional Tahun 2023, ini turut diresmikan Inovasi Suplai Energi Manajemen Irigrasi Uma Palak (SIUMA) yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan penekanan tombol pemutaran mesin irigrasi.

Tampak hadir dalam kesempatan ini, Anggota DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Anggota DPRD Kota Denpasar, Wayan Sutama, Executive General Manager Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya, Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, Lurah Peguyangan, I Gede Sudi Arcana beserta unsur terkait lainya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Bangjo Exit Tol Bawen Semarang, Truk Tabrak 4 Mobil dan 9 Motor, 3 Meninggal 9 Luka Luka

“Atas nama Pemerintah Kota Denpasar dan selaku walikota saya mengapresiasi sebesar-besarnya kepada PT. Pertamina karena sudah mensuport subak kami yakni Subak Uma Palak sebagai pelestari budaya khususnya di hari lingkungan melalui inovasi SIUMA," demikian disampaikan Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di sela sela acara.

Lebih lanjut dikatakan, seperti yang dilihat sepanjang jogging track ini, manfaat SIUMA dengan membantu aliran listrik untuk penerangannya dengan tenaga surya dan juga masih dioptimalkan program pengembalian air yang terbuang apabila air itu dibutuhkan oleh para petani disaat musim-musim kering.

Melalui inovasi ini memungkinkan para petani saat musim kering tetap bercocok tanam, sebab air akan dialirkan ke sawah-sawah yang ada di sepanjang Subak Uma Palak ini, sehingga uktibilitas hasil pertaniannya itu masih bisa maksimal.

Baca Juga: Bule Inggris Dideportasi gegara Langgar Lalu Lintas, Sempat Dorong dan Tampar Polisi

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x