Peserta Pemberdayaan Masyarakat di Pencarian dan Pertolongan Lakukan Simulasi Hadapi Erupsi Gunung Api Agung

- 17 November 2023, 17:19 WIB
Semua peserta Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencarian dan Pertolongan saat melaksanakan simulasi proses evakuasi dan penanganan korban erupsi Gunung Api Agung, Jumat 17 November 2023.
Semua peserta Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencarian dan Pertolongan saat melaksanakan simulasi proses evakuasi dan penanganan korban erupsi Gunung Api Agung, Jumat 17 November 2023. /Dok. Humas Basarnas Bali.

 

 

INDOBALINEWS - Seluruh peserta Pemberdayaan Masyarakat Bidang Pencarian dan Pertolongan melaksanakan simulasi proses evakuasi dan penanganan korban erupsi Gunung Api Agung, Jumat 17 November 2023. Sebelumnya, para peserta telah menerima pembekalan teknik evakuasi dan pertolongan medis dasar oleh para instruktur selama 2 hari.

Kasus yang dimainkan pada simulasi kali ini yakni terjadinya erupsi Gunung Api Agung dan mengakibatkan masyarakat pada radius terdekat berbondong-bondong mengungsi ke tempat lebih aman. Lokasi pengungsian sementara ditempatkan di wantilan Desa Bhuana Giri, Kecamatan Bebandem, Karangasem.

Tim evakuasi berjumlah 25 orang harus menangani korban yang alami cedera berat hingga ringan, juga adanya pengungsi lansia serta ibu hamil. Poses simulasi berlangsung sekitar 1,5 jam lamanya.

Baca Juga: 4 Prajurit TNI Gugur dalam Kecelakaan Super Tucano, Kadispenau: Pesawat Dalam Kondisi Prima Saat Kejadian

Dalam simulasi telah diterapkan SOP evakuasi pada wilayah yang masuk KRB 3, termasuk Desa Bhuana Giri. Dengan adanya simulasi ini diharapkan masyarakat termasuk perangkat desa setempat dapat memahami tahapan ketika informasi awal letusan Gunung Api Agung diterima dari PVMBG. Kemandirian masyarakat untuk mengkoordinir situasi kedaruratan bisa menekan jumlah korban jiwa.

Jalannya simulasi tetap diawasi oleh tenaga instruktur Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar serta 3 orang observer dari BASARNAS. Sebelum upacara penutupan koordinator kegiatan memberikan evaluasi singkat kepada seluruh peserta.

Baca Juga: Gagal Menang, Timnas Indonesia Masih Punya Asa di Piala Dunia U17

Halaman:

Editor: Ronatal Siahaan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x