Tinjau Lokasi Bencana dan Pengungsian, Jokowi: Semua Kekuatan Dikerahkan Tangani Dampak Erupsi Semeru

- 7 Desember 2021, 14:31 WIB
Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten, Lumajang, Jatim, Selasa, 7 Desember 2021.
Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten, Lumajang, Jatim, Selasa, 7 Desember 2021. /BPMI Setpres/Laily Rachev

INDOBALINEWS - Presiden Joko Widodo memastikan seluruh kekuatan dikerahkan untuk pencarian korban, evakuasi, dan penanganan dampak erupsi Gunung Semeru.

Jokowi menegaskan hal tersebut saat meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa, 7 Desember 2021.

“Pagi hari ini, saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi, juga penanganan pengungsi di lapangan, dan juga ini kita lihat untuk rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru ini,” ujarnya kepada media.

Baca Juga: Danrem 162 Wira Bhakti Pimpin Evakuasi 1.556 KK Korban Banjir dan Tanah Longsor Lobar

Jokowi mendatangi lokasi pengungsian yang terletak di Lapangan Desa Sumberwuluh. Ia tampak menyapa para pengungsi termasuk anak-anak serta menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru.

Jokowi juga meninjau dapur umum yang elayani kebutuhan logistik warga dan para pengungsi, serta mampir di posko pelayanan kesehatan.

“Di lokasi pengungsi saya juga ingin memastikan bahwa hal-hal yang berkaitan dengan pengungsi juga tertangani dengan baik, baik yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik,” ujarnya.

Baca Juga: 27 Warga Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru, Petugas Lakukan Pencarian

Jokowi juga menyampaikan pemerintah akan mempersiapkan relokasi hunian masyarakat yang terdampak erupsi.

Halaman:

Editor: M. Jagaddhita

Sumber: Setkab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x