Panen Cabai hingga Ikan Nila, Upaya Penanggulangan Inflasi di Buleleng Diapresiasi

- 18 Juni 2024, 20:05 WIB
Pj Gubernur Bali saat panen cabai dalam upaya pengebdalian inflasi di Buleleng Selasa 18 Juni 2024.
Pj Gubernur Bali saat panen cabai dalam upaya pengebdalian inflasi di Buleleng Selasa 18 Juni 2024. /Dok Pemprov Bali

INDOBALINEWS - Penjabat (Pj) Gubernur Mahendra Jaya, mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya nyata pengendalian inflasi dan menjaga ketersediaan bahan pangan lewat penanaman cabai, terong dan budidaya ikan nila.

“Terimakasih atas berbagai upaya, aksi program teman-teman khususnya di Buleleng. Luar biasa,” katanya pada acara Panen Bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng di Lahan Perkebunan Pemkab Buleleng, Kelurahan Banyuasri, Kecamatan Buleleng, Selasa 18 Juni 2024.

Menurut Pj. Gubernur, merupakan hal yang sangat baik dimana lahan di tengah kota seluas 2 hektar yang sebelumnya tidak dimanfaatkan dengan baik berubah menjadi asri dan produktif menghasilkan komoditas pangan.

“Saya kira ini upaya kita bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan, menjaga ketersediaan pangan, hingga keterjangkauan harga,” katanya. “Apalagi kita ingin juga petani di Bali, bisa tersenyum,” tambahnya.

Baca Juga: Berenang Bersama Teman, WNA Qatar Terbawa Arus Pantai Kelingking, Keluarga Minta Evakuasi dengan Helikopter

Terlebih menurut pria kelahiran Singaraja, Buleleng ini, komoditas seperti cabai yang ditanam di lahan tersebut merupakan salah satu komoditas penting yang sangat berpengaruh pada angka inflasi di Indonesia, khususnya di Bali.

“Cabai ini penting sekali, kalau harganya naik tinggi akan berpengaruh pada inflasi. Rupanya jika harganya mahal dan ketersediaan kurang masyarakat gelisah,” terangnya.

Inflasi di Buleleng menurut Pj Gubernur juga cukup terjaga dengan angka year on year 2, 98 dan month to month berada di angka deflasi 0,33 Bulan Mei lalu.

“Kalau di kabupaten /kota di Bali inflasi rendah dan terkendali, kita bisa lebih tenang. Secara umum di Bali deflasi 0,10 dan astungkara kita yakin hingga Desember bisa terjaga inflasinya kisaran 2,5 hingga 1, dengan catatan month to month tidak lebih dari 0,22,” jelasnya. “Sehingga kita bisa memenuhi target pemerintah pusat. Saya yakin dengan upaya dan kerja bersama kita pasti bisa,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah