Bandara Ngurah Rai Bali Jadi Bandara AP1 yang Pertama Terapkan ACDM

- 26 Agustus 2023, 08:38 WIB
Ilustrasi parkir pesawat di Bandara Ngurah Rai Bali.
Ilustrasi parkir pesawat di Bandara Ngurah Rai Bali. /Dok Humas PT Angkasa Pura 1

 

INDOBALINEWS - PT Angkasa Pura I (AP1) bersama dengan instansi stakeholder terkait secara resmi mengimplementasikan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Pelaksanaan go-live A-CDM dilaksanakan pada Jumat 25 Agustus 2023 siang, bertempat di ruang Airport Operation Command Center (AOCC) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Kegiatan ini melibatkan sejumlah instansi terkait di bidang penerbangan, yakni Direktorat Bandar Udara dan Direktorat Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan, Perum LPPNPI (AirNav Indonesia), maskapai penerbangan, serta ground handling.

Baca Juga: The 3rd AICEE: ACE dan The Energy Foundation China Bersatu untuk Transisi Energi Bersih di Kawasan ASEAN

Melalui implementasi A-CDM, AP1 bersama stakeholder terkait mulai dari maskapai penerbangan, penyedia jasa navigasi penerbangan (AirNav Indonesia), ground handling, serta instansi lainnya akan berkolaborasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen operasional penerbangan dengan mengedepankan aspek safety, security, services, and compliance (3S+1C).

Direktur Operasi PT Angkasa Pura I MMA Indah Preastuty menyatakan, implementasi A-CDM akan berkontribusi positif terhadap manajemen operasional penerbangan di bandara.

Dikatakannya dengan kondisi di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang sangat padat, sistem ini akan sangat membantu terkait utilisasi kapasitas apron dan runway. Dengan manajemen operasional yang baik, akan sangat memberikan manfaat positif terhadap maskapai penerbangan, utamanya pengaturan slot yang akan lebih optimal.

Baca Juga: Mau Jajal Mobil Listrik BMW Seharga 2,5 Miliar di Bandara Ngurah Rai? Cek 'The Prestige Service' Garuda

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah