Piala Golden Ball 1986 milik Maradona Dilelang di Prancis

- 17 Mei 2024, 12:05 WIB
Diego Maradona saat menerima Trofi Bola Emas Adidas di Paris pada 13 November 1986 (copyright Presse Sports).
Diego Maradona saat menerima Trofi Bola Emas Adidas di Paris pada 13 November 1986 (copyright Presse Sports). /

INDOBALINEWS - Rumah Lelang Aguttes, Prancis akan melelang Piala Golden Ball milik Diego Armando Maradona yang diraih pada Piala Dunia 1986 di Meksiko.

Piala Golden Ball untuk Maradona ini menjadi sesuatu yang sangat istimewa di tengah kontroversi peristiwa yang terus dikenang hingga sekarang yaitu 'Gol Tangan Tuhan' yang terjadi tanggal 22 Juni, 1986 di Estadio Azteca, Mexico City.

Ketika itu gocekan Diego Maradona melewati 5 pemain Inggris lalu diumpan sampai bola melambung ke atas. Maradona pun menyambut dengan tangannya. Saat itulah bola masuk ke gawang Inggris di menit 51'.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2024: Ahok Berpeluang di 2 Bursa Bakal Cagub DKI dan Sumut

Saat itu teknologi belum secanggih sekarang, sehingga kurang terlihat dengan jelas. Wasit asal Tunisia yang memimpin jalannya pertandingan pun mensahkan gol meski beberapa pemain Inggris memprotes masalah ini. Hanya saja 19 tahun kemudian, Maradona akhirnya mengakui gol tangan tuhannya itu.

Bola yang saat itu menjadi saksi 'Tangan Tuhan' Maradona akan dilelang pada Kamis 6 Juni 2024 mendatang.  Piala Golden Ball milik pemain terbaik Piala Dunia 1986 itu merupakan barang ketiga yang dilelang setelah jersei yang digunakan selama turnamen itu terjual 8,5 juta euro pada 2022, memecahkan rekor termahal dalam lelang memorabilia olahraga.

Sebelumnya, bola "Tangan Tuhan" telah terjual melalui lelang dengan harga 2,2 juta euro, satu bulan setelah Maradona meninggal dunia pada November 2022.

Mantan pemain timnas Argentina era 1970-an Ossie Ardiles mengenang Piala Golden Ball itu sebagai simbol puncak karir sepak bola Maradona.

Baca Juga: Kawal PPDB: Ini Pernyataan Sikap Forum Pemred PRMN, Hapuskan Kecurangan dan Diskriminasi

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah