Raih 58 % Lebih Suara, Claudia Sheinbaum Terpilih Jadi Presiden Wanita Pertama Meksiko

- 4 Juni 2024, 12:00 WIB
Claudia Sheinbaum, kandidat presiden dari partai MORENA yang berkuasa, bereaksi ketika dia berbicara kepada para pendukungnya setelah memenangkan pemilu, di Mexico City, Meksiko, 3 Juni 2024.
Claudia Sheinbaum, kandidat presiden dari partai MORENA yang berkuasa, bereaksi ketika dia berbicara kepada para pendukungnya setelah memenangkan pemilu, di Mexico City, Meksiko, 3 Juni 2024. /REUTERS/Raquel Cunha

INDOBALINEWS - Pemilihan Presiden Meksiko digelar Minggu 2 Juni waktu setempat dan badan pemilihan umum Meksiko tersebut memulai proses hitung awal setelah lebih dari 170 ribu TPS ditutup pukul 6 sore waktu setempat.

Hingga Selasa 4 Juni 2024 berdasarkan hasil awal yang diliris Institut Pemilihan Umum Nasional (NEI) Meksiko, perolehan suara terbanyak diraih Claudia Sheinbaum dengan 58 persen suara lebih mengungguli lawan-lawannya.

Dengan hasil hitung cepat ini ia akan menjadi presiden wanita pertama di Meksiko   mengalahkan calon presiden perempuan lain, Xochitl Galvez Ruiz yang mendapat hanya sekitar 26,6--28,6 persen suara, dan Jorge Alvares Maynes yang mendapat 9,9--10,8 persen suara.

Baca Juga: Tak Terima Ditegur Saat Pesta Ultah Pakai Miras Hingga Larut Malam, Pria Asal Sumba Aniaya Teman Kos

Selain itu, INE juga menjalankan sistem Program Hasil Pemilu Awal (PREP) yang membolehkan masyarakat Meksiko mengetahui secara langsung perkembangan hasil pemilu berdasarkan penghitungan suara yang dilaporkan petugas TPS.

Penghitungan suara melalui sistem PREP juga menunjukkan kemenangan Sheinbaum yang mendapat lebih dari 59 persen suara. Sistem tersebut juga menunjukkan Galvez Ruiz hanya mendapat 29 persen suara dan Maynes mendapat kurang dari 11 persen.

Shenibaum yang berasal dari partai berkuasa Morena (Gerakan Regenerasi Nasional), sebelumnya terus berada di posisi pertama dalam sejumlah survei calon presiden menjelang pemilu.

Baca Juga: Info Haji 2024: 3 Koordinator 37 Pemegang Visa Ziarah yang DItangkap Arab Saudi Diproses Hukum

Dengan hasil awal pemilu yang menunjukkan kemenangannya, Sheinbaum akan menjadi penerus Andres Manuel Lopez Obrador, yang juga berasal dari Partai Morena, pada 1 Oktober 2024.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Anadolu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah