Upacara Nyurud Ayu di Banjar Anyar Desa Adat Pohgading Ringankan Beban Masyarakat

- 25 Juni 2024, 22:05 WIB
Wawali Arya Wibawa Nyaksiang Upacara Nyurud Ayu di Banjar Anyar- Anyar Desa Adat PohgadingSelasa 25 Juni 2024.
Wawali Arya Wibawa Nyaksiang Upacara Nyurud Ayu di Banjar Anyar- Anyar Desa Adat PohgadingSelasa 25 Juni 2024. /Dok Pemkot Denpasar


INDOBALINEWS - Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa nyaksiang atau menghadiri rangkaian upacara Nyurud Ayu (Manusa Yadnya) dan Panyineban Serangkaian Karya Ngenteg Linggih dan Padudusan Wrespati Kalpa di Banjar Anyar- Anyar, Desa Pakraman Poh Gading, Denpasar Utara pada Selasa 25 Juni 2024.

Turut hadir mendampingi Wawali Arya Wibawa dalam kesempatan tersebut Camat Denpasar Utara, I Wayan Yusswara, Tokoh Masyarakat, AA. Istri Paramita Dewi, Bendesa Adat Poh Gading, I Wayan Mirta serta undangan lainnya.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa usai acara mengatakan, pelaksanaan Upacara Nyurud Ayu dan Panyineban serangkaian Karya Ngenteg Linggih dan Padudusan Wrespati Kalpa di Banjar Anyar- Anyar ini mencerminkan Sradha Bakthi kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa.

Baca Juga: Changes in Sleep Patterns Can Reveal Significant Insights about Your Health

Upacara ini tentu sangat meringankan beban masyarakat sesuai dengan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam gilik saguluk salunglung subayantaka bahwa kita semua bersaudara.

“Ini merupakan wujud sradha dan bhakti kepada umat, khususnya krama banjar, terlebih dalam pelaksanaan karya berasal dari dana swadaya masyarakat yang mencerminkan spirit Vasudhaiva Kutumbakam (bergotong-royong) yang menjadi landasan pembangunan Kota Denpasar," jelas Arya Wibawa.

Ditambahkannya, dalam Upacara Nyurud Ayu (Manusa Yadnya) ini dilaksanakan upacara Mepandes (Potong Gigi) bersama yang biayanya digratiskan oleh pihak banjar. Hal ini tentu sangat membantu masyarakat yang Ingin melaksanakan upacara Mepandes (Potong Gigi) yang merupakan salah satu prosesi penting bagi umat Hindu di Bali.

"Dalam hal ini Pemkot Denpasar juga mendukung penuh dan memberi kemudahan bagi umat dalam melaksanakan giat upacara keagamaan semacam ini," ujarnya.

Baca Juga: Libur Sekolah 2024: Kemenparekraf Luncurkan Wonderful Indonesia Co-Branding School Break 2024

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah