Pusing dan Mood Buruk, Kemungkinan Anda Kekurangan Vitamin D

- 25 Februari 2021, 10:39 WIB
Berjemur di bawah sinar matahari merupakan salah satu cara memberikan asupan vitamin D bagi tubuh.
Berjemur di bawah sinar matahari merupakan salah satu cara memberikan asupan vitamin D bagi tubuh. /Indobalinews/Putra Perdana Lim

INDOBALINEWS - Sinar matahari mengandung vitamin D yang berperan penting untuk memelihara kesehatan tubuh, terutama tulang.

Paparan sinar matahari diperlukan oleh tubuh, untuk membentuk vitamin D secara alami.

Ketika kulit terkena sinar matahari langsung, tubuh akan memproduksi vitamin D dengan membakar kolesterol yang ada di sel kulit.

Baca Juga: Mangkir 2 Kali, Owner Bisnis Trading Segera Dijemput Paksa

Itulah sebabnya, paparan sinar matahari dalam jumlah yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar vitamin D dalam tubuh.

Selain dari sinar matahari, vitamin D juga bersumber dari makanan tertentu seperti ikan sarden, ikan salmon, ikan tuna, ikan patin, udang, jamur, hingga kuning telur.

Nah, apakah asupan vitamin D di tubuh Anda sudah cukup? Jika tidak, Anda harus mengenali tanda-tanda sedang kekurangan vitamin D.

Baca Juga: Disuntik Vaksin Covid-19, Wakil Gubernur Bali: Tidak Ada Gejala Mual dan Pusing

Dikutip Indobalinews dari kanal YouTube BERILMU pada 24 Februari 2021, berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan kalau Anda kekurangan vitamin D:

1. Otot pegal

Saat metabolisme, vitamin D masuk ke dalam otot dan memastikan otot melakukan kontraksi dengan tepat.

Jika Anda sering merasa nyeri dan pegal-pegal, tidak selamanya itu karena Anda melakukan aktifitas yang berat. Kemungkinan hal itu disebabkan karena Anda kekurangan vitamin D.

Baca Juga: Pembelajaran Tatap Muka Setelah Juni 2021, Selesai Vaksinasi Covid-19 Guru

2. Nyeri tulang

Tulang akan berhenti tumbuh ketika memasuki usia dewasa, tetapi jaringan tulang tetap melakukan regenerasi. Jaringan tulang yang lama diganti dengan jaringan yang baru.

Kekurangan vitamin D yang serius bisa menyebabkan pelunakan tulang. Kondisi ini disebut osteoporosis.

Baca Juga: IPMA 2021, Pikiran Rakyat Raih Gold Winner Kategori Surat Kabar Harian Regional Jawa Terbaik

3. Kelelahan

Gejala kelelahan karena vitamin D ditandai dengan rasa lelah sepanjang hari atau bisa berhari-hari, sehingga badan terasa lamban untuk beraktifitas.

4. Daya tahan tubuh menurun

Jika Anda aktif secara fisik tetapi daya tahan tubuh menurun tanpa penyebab yang jelas, hal ini bisa dikarenakan kadar vitamin D yang rendah pada tubuh. Vitamin D berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan energi.

Halaman:

Editor: M Susanto Edison


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah