Lansia Sebaiknya Konsultasi Dokter Sebelum Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

- 25 Februari 2021, 09:57 WIB
ilustrasi lansia yang mendaftar untuk divaksinasi
ilustrasi lansia yang mendaftar untuk divaksinasi /instagram @kemkominfo/

INDOBALINEWS - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) beberapa waktu lalu resmi mengumumkan izin darurat vaksin lansia atau penggunaan vaksin Covid-19 dari Sinovac bagi usia lanjut atau lansia di atas 60 tahun.

Hal ini telah dijalankan dengan dimulainya pemberian vaksin untuk para tenaga kesehatan (nakes) berusia lanjut di beberapa wilayah di Indonesia.

Dalam keterangan persnya yang digelar daring Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito mengatakan persetujuan ini sesuai dengan data yang diterima BPOM pada uji klinik fase 1-2 di China dan fase 3 di Brasil.

Baca Juga: Mangkir 2 Kali, Owner Bisnis Trading Segera Dijemput Paksa

Penggunaan vaksin covid-19 selama ini untuk kelompok usia dewasa 18-59 tahun. Namun menurut Penny, kita juga mengingat bahwa angka kematian akibat COVID-19 ini menunjukkan data statistik bahwa kelompok lansia menduduki porsi yang cukup tinggi 47,3 persen.

Sehingga menjadi keharusan menetapkan EUA pemberian vaksin, coronavac prioritas kelompok lansia. Kendati begitu bagi penduduk di atas 70 tahun harus tetap memerlukan pertimbangan khusus dan pendampingan dari dokter.

Baca Juga: Mantan Mensos Suruh Anak Buah Kutip Rp10 Ribu Per Paket Bansos, Kata Jaksa

Hal yang sama juga dikatakan Pengamat kesehatan lulusan Universitas Gadjah Mada sekaligus relawan COVID-19, dr. Muhamad Fajri yang mengingatkan pentingnya bagi para lansia, utamanya mereka yang memiliki penyakit komorbid atau penyerta untuk berkonsultasi diri dulu ke dokter sebelum divaksin.

"Kita menghindari reaksi yang kita tidak tahu. Pada orang-orang di Norwegia, lansia yang rapuh meninggal. (Terkait ini) Pemerintah (Indonesia) sudah berhati-hati betul. (Lansia) kalau kena komorbid, konsultasikan dulu ke dokter," kata dia seperti yang dikutip indobalinews.com dari antaranews Selasa 23 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x