Gangguan Mental: Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati

- 23 Maret 2022, 08:59 WIB
Ilustrasi Gila!
Ilustrasi Gila! /Pixabay/superlux91/

 

INDOBALINEWS - Gangguan mental bisa menyeraang siapa saja, kasus terbaru adalah seorang ibu muda yang menggorok 3 anaknya di Brebes Jawa Tengah yang diduga mengalami gangguan mental, depresi.

Prof. Luh Ketut Suryani seorang Psikiater saat acara Webinar PKK Provinsi Bali bertema “Gangguan Mental : Gejala, Penyebab dan Mengobati”  mengatakan bahwa gangguan mental adalah kondisi kesehatan yang mempengaruhi pikiran, perasaan, perilaku, suasana hati atau kombinasi diantaranya.

"Kondisi ini dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam waktu yang lama (kronis) dengan gejala waham atau delusi dimana seseorang meyakini sesuatu yang tidak nyata dan bersifat halusinasi," ujar Prof Suryani dalam webinar yang digelar Senin 21 Maret 2022.

Baca Juga: 'Sebelum Masuk Sekolah Dasar, Anak Anak Wajib Melalui Jalur Paud'

Lebih lanjut dikatakannya selain itu kondisi ini juga kerap mengalami suasana hati yang berubah-ubah, perasaan sedih yang berlangsung dalam kurun waktu lama.

"Juga mengalami gangguan makan dan perubahan pada pola tidur, sering marah berlebihan hingga melakukan kekerasan bahkan suka berteriak tidak jelas bahkan sampai memiliki ketergantungan pada obat-obatan terlarang," imbuhnya dalam webinar yang juga menghadirkan sejumlah nara sumber lainnya yaitu dr. Cokorda Bagus Jaya Lesmana, Psikiater Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dan Putri Koster Ketua TIm Penggerak PKK Provinsi Bali.

Dijelaskannya bahwa terdapat beberapa penyebab terjadinya gangguan mental diantaranya adanya gangguan pada fungsi sel saraf di otak, infeksi, kelainan bawaan, kerusakan otak akibat benturan, kekurangan oksigen pada otak bayi saat proses persalinan.

Baca Juga: Pencuri Spesialis TV: Modus Pura Pura Sewa Kos Kosan Elit, Ternyata Incar TV untuk Dijual di Marketplace

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x