Pasangan Hendy-Gus Firjaun Unggul di Pilkada Jember, Versi Hitungan Cepat LSI

- 10 Desember 2020, 08:12 WIB
Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar memaparkan hasil hitung cepat Pilkada Jember yang dilakukan nya dalam konferensi pers di salah satu hotel di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020) sore. (ANTARA/ Zumrotun Solichah)
Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar memaparkan hasil hitung cepat Pilkada Jember yang dilakukan nya dalam konferensi pers di salah satu hotel di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (9/12/2020) sore. (ANTARA/ Zumrotun Solichah) /(ANTARA/ Zumrotun Solichah)

INDOBALINEWS - Pilkada Jember  yang diikuti tiga pasangan calon yakni Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dengan nomor urut 1, kemudian Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Firjaun) dengan nomor urut 2, dan Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) dengan nomor urut 3.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Jember 2020 sebanyak 1.825.386 pemilih dengan rincian sebanyak 902.327 pemilih laki-laki dan 923.059 pemilih perempuan dengan jumlah 4.752 tempat pemungutan suara (TPS).

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Jember dengan  nomor urut 2 Hendy Siswanto-M. Balya Firjaun Barlaman sementara unggul di Pilkada Jember versi hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia Denny JA bersama Citra Publik adv yang dirilis di salah satu hotel Jember, Rabu sore 9 Desember 2020.

Baca Juga: Pemungutan Suara di TPS 015 Bulu Sidokare Diwarnai Dengan Cekcok

Secara persentase, pasangan calon nomor urut 1 Faida - Dwi Arya Nugraha Oktavianto mendapatkan 30,41 persen, pasangan calon nomor urut 2 Hendy Siswanto - M. Balya Firjaun Barlaman mendapatkan suara 47,95 persen, dan pasangan calon nomor urut 3 Abdussalam - Ifan Ariadna sebesar 21,64 persen.

Menurutnya pihak Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengambil sampel sebanyak 260 TPS dari total 4.752 TPS yang tersebar secara proporsional dan dipilih secara acak di seluruh wilayah Jember.

"Hasil quick count Pilkada Jember itu berdasarkan data yang masuk sudah mencapai 95,77 persen dari TPS sampling hingga jam 16.43 WIB," kata peneliti LSI Rully Akbar di Jember.

Baca Juga: Ada TPS Dengan Petugas KPPS Semua Perempuan di Pilwali 2020

Rully  mengatakan hasil hitung cepat di beberapa kota yang pilkada hanya selisih dengan real count 0,11 persen, sehingga hasil tersebut tidak akan berbeda jauh atau sebaliknya dari hitung manual yang dilakukan KPU Jember.

Halaman:

Editor: Rudolf

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah