Waspada! Penggunaan Spareparts Kendaraan Palsu Bisa Bikin Celaka

- 17 Mei 2024, 07:05 WIB
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas./ unsplash/ Toan Nguyen
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas./ unsplash/ Toan Nguyen /

INDOBALINEWS - Menyikapi sejumlah kecelakaan bus yang terjadi yang menyebabkan korban jiwa, pakar otomotif Yannes Martinus Pasaribu mengatakan bahwa kesadaran memperdalam literasi keselamatan berkendara baik dari pribadi maupun perusahaan penyedia jasa armada masih dinilai minim hingga saat ini.

Akibatnya sejumlah kecelakaan maut bus akibat rem blong merupakan tragedi yang berulang kali terjadi di Indonesia dan pada umumnya akibat dari kelalaian manusia.

Selain itu akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga mengatakan bahwa kelalaian yang mengakibatkan kecelakaan yang seringkali merenggut nyawa penumpang karena masih banyaknya penggunaan komponen palsu demi mengejar keuntungan.

Baca Juga: Bittime Prediksi Doge Jadi Kejutan Di Pasar Kripto Tahun ini

“Penggunaan spareparts KW atau penundaan penggantian akibat jam operasional yang sangat padat, penekanan pada target keuntungan yang berakibat pada pengabaian keselamatan,” kata Yannes Martinus Pasaribu Kamis 16 Mei 2024 dilansir dari Antara.

Selain itu, penyebab terjadinya kecelakaan yang kerap kali merenggut nyawa pada penumpang itu dikarenakan, para pemilik maupun sopir tidak secara benar merawat armada mereka sesuai dengan standar yang berlaku.

Lebih lanjut dikatakannya kerap menyepelekan berbagai hal keselamatan bagi para penumpang, sopir dan orang sekitar juga menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan maut yang belakangan ini marak terjadi.

Baca Juga: Lirik Lagu OST 'Lovely Runner', 'Sudden Shower'

 

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah