Info Haji 2024: Cerita Hardjo Mislan Jamaah Haji Tertua Berusia 110 Tahun, Senang Berolahraga Tiap Pagi

- 16 Mei 2024, 08:10 WIB
Jamaah Haji tertua Hardjo Mislan dari Ponorogo Jatim tengah menuju asrama haji Surabaya Rabu 15 Mei 2024 dan akan ebranghkat ke Tanah Suci pada Kamis 16 Mei 2024.
Jamaah Haji tertua Hardjo Mislan dari Ponorogo Jatim tengah menuju asrama haji Surabaya Rabu 15 Mei 2024 dan akan ebranghkat ke Tanah Suci pada Kamis 16 Mei 2024. /Screenshot Antara TV

 

INDOBALINEWS - Seorang jamaah calon haji asal embarkasi Surabaya bernama Hardjo Mislan, yang akrab disapa Mbah Miskan, tercatat sebagai calon haji tertua Indonesia yang pada musim tahun ini berangkat ke tanah suci di usia 110 tahun.

Mbak Miskan asal Desa Bedingin, Kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, ini tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 19 Embarkasi Surabaya. Veteran pejuang Kemerdekaan RI ini sehari hari menjadi pamong desa dan petani. 

Sebelum berangkat haji meninggalkan Indonesia Mbah Miskan sempat berbagi tips sehatnya untuk menjalani kehidupan sehari-hari hingga usianya mencapai 110 tahun. 

Ia mengatakan untuk membuat dirinya tetap sehat, sejak usia muda ia selalu berolahraga setiap pagi dan ia merasa saat usia 110 tahun ini pun dirinya sehat dan siap berangkat ke tanah suci. Mbah Miskan juga dikenal gemar bersilaturahim, berziarah, dan membersihkan makam para kerabat.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2024: Waspada Hoaks yang Diproduksi Teknologi AI

Ia juga kerap beribadah puasa Senin Kamis serta berpuasa Sunnah lainnya seperti puasa Syawal.

"Persiapannya semua alat yang dibutuhkan saya bawa semuanya. Selain itu, saya rutin berolahraga setiap pagi," katanya kepada wartawan yang menemuinya di Asrama Haji Surabaya Rabu 15 Mei 2024 dilansir dari Antara.

Sebelumnya Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Surabaya menyampaikan kondisi kesehatan Hardjo Mislan, yang tercatat sebagai calon haji tertua Indonesia tahun 2024.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah