WIKI UMKM, Solusi Konkret Kadin Indonesia Atasi Tantangan

- 3 Desember 2021, 15:26 WIB
Pembukaan Pameran UMKM dalam rangkaian Rapimnas Kadin 2021 di BNDCC Bali, Jumat 3 Desember 2021.
Pembukaan Pameran UMKM dalam rangkaian Rapimnas Kadin 2021 di BNDCC Bali, Jumat 3 Desember 2021. /Dok Joky

 

INDOBALINEWS - UMKM punya peran penting bagi perekonomian nasional. Dibanding negara lain, UMKM Indonesia punya potensi lebih besar untuk maju dan besar. 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid, mengatakan bahwa Kadin Indonesia mencoba membantu UMKM dan industri kreatif untuk menghadapi tantangan yang selama ini dihadapi.

"Seperti akses permodalan dan bahan baku, akses pemasaran dan juga untuk menembus pasar ekspor serta perluasan cakupan wilayah jangkauan melalui digitalisasi," ujar Arsjad saat membuka pameran UMKM di BNDCC, Jumat 3 Desember 2021.

Baca Juga: 28 Calon Anggota KPU Lulus Tes Psikologi dan Tertulis

Selain itu, lanjutnya Kadin Indonesia sudah memiliki beberapa program dan solusi konkret untuk mengatasi tantangan itu, di antaranya membuat WIKI UMKM yakni ekosistem yang menjadi tempat dan wadah diskusi, mencari solusi, pelatihan yang akan diluncurkan Februari mendatang.

Dikatakannya UMKM punya peran penting bagi perekonomian nasional. Dibanding negara lain, UMKM kita punya potensi lebih besar untuk maju dan besar. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Ingin Tiru Cara Kerja PRMN, Bakal Diterapkan di Pemerintahan

Sebelumnya Arsjad Rasjid membuka acara pameran Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dan industri kreatif yang digelar di sepanjang lobi Uluwatu, BNDCC, Nusa Dua, Bali tempat Rapimnas KADIN 2021 berlangsung,

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x