Kadin Indonesia Perkuat Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif Bali

- 2 Desember 2021, 22:42 WIB
Rombongan Kadin Indonesia dipimpin Ketua Arsjad Rasjid didampingi Ketua Deskranasda Bali Putri Koster mengunjungi pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif, di Bali Kamis 2 Desember 2021.
Rombongan Kadin Indonesia dipimpin Ketua Arsjad Rasjid didampingi Ketua Deskranasda Bali Putri Koster mengunjungi pameran UMKM dan Ekonomi Kreatif, di Bali Kamis 2 Desember 2021. /Dok Jokmul

INDOBALINEWS - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong kepentingan para pelaku usaha, terutama di sektor UMKM.

Terlebih lagi, UMKM punya peran penting dalam perekonomian Indonesia. Di masa krisis ekonomi 98 dan kini krisis karena pandemi COVID-19, UMKM tetap menyerap lapangan kerja dan memberikan penghasilan bagi masyarakat Indonesia.

Terkait dengan pentingnya UMKM dalam struktur ekonomi Indonesia, Kadin Indonesia dalam acara menjelang Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2021 di Bali, 3-4 Desember 2021 juga turut mendorong agar sektor ini pulih dan terus bertumbuh di masa pandemi. Salah satunya dengan mengunjungi dan mempromosikan UMKM serta industri kreatif yang ada di Bali.

Baca Juga: HUT Ke-PRMN: Ini Keseruan Ridwan Kamil Tantang Content Creator yang Berani Sebut 10 Nama Mantan

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid di dampingi Koordinator WKU I Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi Yukki Nugrahawan mengajak rombongan Kadin Indonesia mengunjungi pameran UMKM dan industri kreatif di Bali Art Center Denpasar atau Taman Budaya Bali bertema Bali Bangkit.

Bali Art Center Denpasar menjadi sentra pameran dan penjualan industri kreatif dari seluruh Bali. Terdapat ratusan produk industri kreatif, mulai dari lukisan, patung, produk mebel, tas rotan, pakaian, kain, tenun dan rajutan, kerajinan perak khas Bali. Saat mengunjungi lokasi ini, Arsjad Rasjid didampingi Putri Suastini Koster, istri Gubernur Bali yang juga Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) daerah Bali.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Presidensi G20 Adalah Kepercayaan dan Kehormatan Bagi Indonesia

"Komplek Bali Art Center ini sangat luar biasa. Wisatawan lokal maupun mancanegara harus mengunjungi destinasi ini. Di sini kita bisa belajar banyak hal mengenai kebudayaan Bali dan yang paling utama bisa melihat dan membeli semua karya dan produk kesenian tinggi serta punya nilai ekonomis yang luar biasa," ujar Arsjad saat mengunjungi Bali Art Center, Kamis 2 Desember 2021 Putri Suastini Koster, Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional) Bali.

Kadin Indonesia, kata Arsjad, akan membantu meningkatkan kapasitas UMKM dan industri kreatif di Bali untuk Go Internasional serta adaptif dalam perkembangan dunia bisnis di masa yang akan datang. Selama ini UMKM hanya dikenal sebagai penjual di tingkat domestik, menurutnya, untuk meningkatkan ekonomi di Indonesia, UMKM harus bisa menjadi pemasok di pasar global.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x