Bank Indonesia Kerahkan UMKM Binaan Dukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

- 12 Oktober 2021, 12:49 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Selasa, 12 Oktober 2021 di Jakarta
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Selasa, 12 Oktober 2021 di Jakarta /antara

INDOBALINEWS - Bank Indonesia mengerahkan semua usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

"Kali ini kami tampilkan produk-produk UMKM binaan yang sudah terkurasi, baik di Samarinda Convention Hall maupun yang ditampilkan secara virtual," tutur Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo yang berpartisipasi secara virtual di Jakarta, dalam peresmian Gernas BBI, Selasa, 12 Oktober 2021.

Selain itu, ia menegaskan telah mempermudah sistem pembayaran UMKM binaan yang berpartisipasi dalam Gernas BBI melalui akselerasi digitalisasi QR Code Indonesian Standard (QRIS)​​.

Baca Juga: Menteri Bahlil Lahadalia Dorong Volkswagen Bangun Industri Bahan Baku Baterai Listrik di Indonesia

BI sebagai bank sentral berusaha menyukseskan Gernas BBI, baik melalui kantor perwakilan di berbagai wilayah Indonesia, kantor pusat, maupun sinergi dengan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

"Kami mendorong perkembangan produk dan wisata lokal melalui penguatan kelembagaan, pelatihan, dan pendampingan agar UMKM Indonesia naik kelas," ujar Perry.

Dengan berbagai langkah tersebut, ia menilai banyak UMKM Tanah Air yang sudah berhasil naik kelas, baik secara nasional maupun global.

Maka dari itu, Perry pun mengajak semua pihak bersatu mengampanyekan Gernas BBI sampai terus berbelanja produk lokal, agar UMKM Indonesia bisa maju dan berkiprah di kancah internasional. ***

Editor: Riyanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x