Link Live Streaming Sidang Isbat, Penetapan Awal Ramadan 1443 H

- 1 April 2022, 09:29 WIB
Observatorium MAN 1 Surakarta, Jumat 1 April 2022
Observatorium MAN 1 Surakarta, Jumat 1 April 2022 /Kemenag

INDOBALINEWS – Hari ini pemerintah akan melaksanakan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1443 H, 1 April 2022. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Sidang Isbat ini akan dilaksanakan secara hybrid karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, pelaksanaan hybrid merupakan gabungan dari dalam jaringan (daring) dan luring luar jaringan (luring).  Untuk pelaksanaan luring Kemenag akan menegaskan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam artikel ini akan disajikan Link Live Streaming Sidang Isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1443 Hijriah

Baca Juga: Idulfitri 2022: Begini Aturan Mudik Aman untuk Antisipasi Penularan Covid 19

Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin menjelaskan tentang pelaksanaan sidang isbat ini. Dalam pelaksanaan luring akan dilaksanakan di Auditorium HM. Rasjidi Kemenag, Jalan MH. Thamrin, Jakarta. Lalu, untuk daring peserta akan melaksanakannya melalui telekonferensi jaringan internet.

"Meski lebih longgar dari ketentuan tahun sebelumnya, kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Misalnya, ruang sidang telah disemprot disinfektan dan tempat duduk diatur berjarak. Peserta juga akan diperiksa suhu tubuh dan harus menggunakan masker," ujar Kamaruddin, dilansir dari situs resmi Kemenag.

Lalu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan bahwa sidang isbat ini digelar sesuai Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

 Baca Juga: Liga 1 BRI: Barito Putera Selamat Dari Degradasi Usai Bermain Imbang Lawan Persib Bandung

Sidang Isbat selalu digelar pada tanggal 29 bulan sebelumnya pada kalender hijriah.  Turut hadir dalam gelaran sidang isbat ini Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, duta besar negara sahabat, dan perwakilan ormas Islam.

Halaman:

Editor: Yulius Ndakadjawal

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x