Kebakaran Lahan di Kabupaten Dairi Sumut, Api Sulit Dikendalikan

- 17 Juni 2023, 18:32 WIB
Kebakaran hutan di Kabupaten Dairi Jumat 16 Juni 2023.
Kebakaran hutan di Kabupaten Dairi Jumat 16 Juni 2023. /Dok BNPB

INDOBALINEWS - Kebakaran lahan terjadi di Desa Paropo, Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Jumat 16 Juni 2023 pukul 16.22 WIB.

Berdasarkan laporan Provet, selaku Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dairi, api sulit dikendalikan karena pada saat terjadi kebakaran lahan bersamaan dengan musim angin kencang, sehingga api berpotensi dapat merembet ke segala arah.

“Saat ini musim angin kencang di seputaran Kecamatan Silahi Sabungan sehingga api susah dikendalikan,” ujar Provet melalui keterangan tertulisnya yang dilansie Sabtu 17 Juni 2023.

Baca Juga: 51 Negara Buyer Hadiri BBTF 2023: Wujudkan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan

Lebih lanjut, Provet mengatakan bahwa saat ini sudah ada tim gabungan dari BPBD Kabupaten Dairi, Mangala Agni, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Paropo beserta perangkat desa untuk berkoordinasi, kaji cepat, bersiaga dan berupaya melakukan tindakan pemadaman.

“BPBD Kabupaten Dairi bersama instansi terkait melakukan pemadaman dan pendataan,” kata Provet.

Baca Juga: Di Bandara, Gurauan Bawa Bom Berujung Kantor Polisi

Di samping itu, tim gabungan juga berjaga sekitar lokasi yang berada di dekat dengan permukiman penduduk.

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi agar api tidak membesar dan merembet ke permukiman warga. Tim juga mengerahkan satu mobil pemadam kebakaran guna berjaga-jaga.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah