Tangani Polusi Udara Jakarta: Perlu perencanaan Transportasi terpadu

- 1 September 2023, 05:49 WIB
Bahaya Polusi Udara Jakarta
Bahaya Polusi Udara Jakarta /Instagram /@ramdani1807

INDOBALINEWS - Kualitas udara Ibukota Jakarta beberapa waktu belakangan sangat memprihatinkan, beberapa kali disebut sebagai yang terburuk di dunia.

Banyak hal yang harus dilakukan pemerintah agar kondisi ini tak berlarut-larut meski butuh proses tak sebentar. Menurut pengamat kebijakan publik Agus Pambagio pemerintah pusat dan daerah perlu mengembangkan layanan angkutan umum.

Untuk itu perlu strategi perencanaan transportasi terpadu dan terintegrasi antara pemerintah pusat dengan daerah untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota Jakarta.

Baca Juga: Viral Video Baim Wong Marah Ternyata Persiapan Diskon untuk Tambah Lapak Streaming Jualan ke Shopee Live

“Pemerintah perlu mengembangkan layanan angkutan umum dengan melakukan integrasi secara utuh dan juga menyediakan layanan lanjutannya, seperti perencanaan terpadu ,” katanya di Jakarta dilansir dari Antara Jumat 1 September 2023.

Lebih lanjut menurut Agus, perlu adanya kebijakan dan perencanaan terintegrasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Perencanaan transportasi terintegrasi caranya antara lain melakukan pengelolaan atau manajemen pengaturan waktu dan ruang untuk akses kendaraan pribadi, yakni pengaturan ruang jalan dan juga pengaturan ruang parkir.

Baca Juga: Musisi Alternatif, D4VD Sapa Penggemar di Jakarta Lewat 'Petals to Thorns Tour' 23 November 2023

Strategi ini, papar Agus, bisa mendorong masyarakat menggunakan transportasi umum dengan tujuan mengurangi polusi udara di Jakarta yang kualitasnya makin memburuk.

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x