Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Masyarakat Diimbau Menjauh Radius 5 Km dari Kawah

- 14 Desember 2023, 08:59 WIB
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau Lampung, yang erupsi lagi pada Kamis 14 Desember 2023.
Ilustrasi Gunung Anak Krakatau Lampung, yang erupsi lagi pada Kamis 14 Desember 2023. /Foto: dok humas Polda Banten/Waktu Lampung Online

INDOBALINEWS - Gunung Anak Krakatau pada Kamis 14 Desember 2023 kembali erupsi dengan melontarkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter di atas puncak gunung api aktif yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung itu.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Krakatau Junomo mengatakan erupsi itu terjadi pukul 05.37 WIB dengan kolom abu berwarna kelabu mengarah ke utara.

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 55 milimeter dan durasi 20 detik," kata Jumono dalam laporan yang diterima di Jakarta, Kamis 14 Desember 2023 dilansir dari Antara.

Baca Juga: ISIF 2023: Aksi Bersama Dorong Transformasi Korporasi, Upayakan Optimalisasi Impact CSR yang Lebih Luas

Gunung Anak Krakatau saat ini berada pada status level III atau siaga. Sejak 1 Januari hingga 14 Desember 2023, gunung api aktif yang memiliki ketinggian 195 meter di atas permukaan laut itu tercatat meletus sebanyak 129 kali.

PVMBG merekomendasikan masyarakat untuk tidak mendekati Gunung Anak Krakatau atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Baca Juga: Debat Capres: 'Prabowo Sudah Terbiasa dengan Isu Pelanggaran HAM, Namun Secara Retorika Terlalu Emosi'

Gunung Anak Krakatau dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api Pasauran Pandeglang, Banten dan Pos Pengamatan Gunung Api Hargo Pancuran Kalianda, Lampung.

PVMBG menyatakan aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau masih sangat aktif sejak erupsi tahun 2018 yang telah mengubah morfologi tubuhnya yang disertai dengan kejadian tsunami pada Desember 2018. ***

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x