Debat Capres: 'Prabowo Sudah Terbiasa dengan Isu Pelanggaran HAM, Namun Secara Retorika Terlalu Emosi'

- 13 Desember 2023, 21:26 WIB
Debat Capres: Ganjar, Prabowo, dan Anies.
Debat Capres: Ganjar, Prabowo, dan Anies. /Antaranews /Fransiska Ninditya/

 

INDOBALINEWS - Koordinator Umum Komite Independen Sadar Pemilu (KISP) Moch Edward Trias Pahlevi menilai capres No. 2 Prabowo Subianto sudah terbiasa dengan isu pelanggaran HAM sehingga ia telah mempersiapkannya. Hal itu tampak ketika ia menjawab pertanyaan dari capres lain.

"Untuk isu HAM, Prabowo semacam sudah terbiasa dengan isu tersebut. Jadi cara mengembalikannya sudah lebih berpengalaman. Akan tetapi secara retorika mungkin terlalu emosi," terangnya.

Emosi Prabowo juga ditangkap publik yang kemudian ramai di media sosial. Begitu juga soal pelanggaran etik pada Putusan MK yang dinilai memuluskan langkah Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi cawapres Prabowo.

Baca Juga: Kemeriahan Pesta Akhir Tahun Count Down 2024 Digelar dalam Rangka Bersulang untuk GWK dan Mitra

"Karena itu kemarin yang membuat serangan-serangan di media sosial bahwa Prabowo terlalu emosional ketika menanggapi itu, tapi secara substansi saya rasa mungkin sudah persiapan untuk merespons isu HAM dan orang dalam," tambah dia dalam pernyataan resminya yang dikutip Rabu 13 Desember 2023.

Sementara itu, Juru bicara TPN Ganjar-Mahfud Achmad Baidowi menilai calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo tak mudah tersulut emosi saat debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta.

"Ganjar tetap tampil prima tidak emosi," kata Awiek, sapaan akrabnya dalam keterangannya di Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Heboh se-Indonesia! Begini Keseruan TV Show Shopee 12.12 Birthday Sale

Halaman:

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x