Update Jatuhnya Pesawat Latih di BSD: Begini Hasil Awal Investigasi KNKT

- 20 Mei 2024, 21:05 WIB
Pesawat latih jatuh di BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu, 19 Mei 2024.
Pesawat latih jatuh di BSD, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Minggu, 19 Mei 2024. /Pikiran rakyat

INDOBALINEWS - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) tenah mempelajari situasi sesaat sebelum pesawat latih jatuh di BSD. Seperti diketahui pesawat latih atau pesawat ringan jenis Tecnam P2006T mengalami kecelakaan udara di Kawasan Lapangan Sunbirst BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten, pada Minggu, sekitar 14.09 WIB.

Dalam insiden tersebut, tiga kru pesawat tewas, Pulung Darmawan, warga Semarang, Mayor Suanda warga Bandung Barat, Farid (belum diketahui asal daerah), mereka terdiri dari pilot, co pilot dan engineering.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menduga pilot yang mengendalikan pesawat Tecnam P2006T akan melakukan pendaratan darurat di Lapangan Sunbirst BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Ketua KNKT Dr Ir Soerjanto Tjahjono menerangkan bahwa upaya pendaratan darurat itu terlihat dari trek atau jalur pesawat terbang rendah dengan mengenai pepohonan yang ada di sekitar lokasi.

Baca Juga: Puing-Puing Pesawat Presiden Iran Ditemukan, 'Tak Ada Korban Selamat'

"Kita mempelajari kenapa pilot mengarahkan pesawat ke lapangan. Di sini kita lihat pilot mungkin hendak mendarat darurat. Karena memang di situ ada lapangan, cuman masalahnya pesawat terkena pohon duluan," jelas Soerjanto di Tangerang, Senin 20 Mei 2024 dilansir dari Antara.

Ia menerangkan, lokasi lapangan yang berada di dekat pesawat terjatuh itu memang posisinya ideal untuk melakukan pendaratan darurat. Akan tetapi, upaya pilot untuk mendaratkan pesawat tersebut tidak berhasil.

"Tapi kalau dia (pesawat) masuk ke lapangan duluan mungkin aman," ucapnya.

Dia juga menyebut, layak atau tidaknya kondisi pesawat PK-IFP untuk melakukan penerbangan akan diketahui dari hasil pemeriksaan dan penyelidikan tim investigasi KNKT.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah