Kasus Pemerasan Terhadap Ria Ricis, Tersangka Pinjam Rekening Orang

- 12 Juni 2024, 16:07 WIB
Siapa AP alias Jacky? Inilah Sosok Pria yang Ancam Sebar Video hingga Foto Pribadi Ria Ricis
Siapa AP alias Jacky? Inilah Sosok Pria yang Ancam Sebar Video hingga Foto Pribadi Ria Ricis /Ist PR



INDOBALINEWS - Tersangka pelaku pengancaman dan pemerasan terhadap selebgram Ria Ricis pinjam rekening seseorang yang akan dipakai menerima transfer dari Ria Ricis. 

Menurut polisi, tersangka AP (29) sempat meminta Ria Ricis untuk mentransfer ke salah satu nomor rekening yang ternyata diketahui milik orang lain yang dipinjam.

"Dengan meminta sejumlah uang dan mentransfer uang Rp300 juta tersebut ke rekening atas nama Jacky, " kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak saat dikonfirmasi, Rabu 12 Juni 2024.

Baca Juga: Meningkat Antusiasme Masyarakat Lapor ke Ombudsman RI

Ade Safri menjelaskan hasil penyidikan terhadap nama Jacky tersebut diduga merupakan teman tersangka.

"Hasil penyidikan Jacky ini teman tersangka yang dipinjam nomor rekeningnya, " katanya.

Mantan Kapolrestabes Surakarta tersebut juga menyebut pihaknya akan meminta keterangan terhadap seorang bernama Jacky terkait dugaan tindak pidana yang terjadi.

"Sejauh mana keterlibatan saudara J ini dalam kasus ini, " katanya dilansir dari Antara. 

Baca Juga: Sebelum dan Sesudah Idul Adha 2024, Pertamina Tambah Pasokan LPG 3 Kg di Bali

Sebelumnya tersangka AP (29) telah ditangkap pada Senin 10 Juni 2024 pukul 01.20 WIB dini hari, tim penyidik berhasil melakukan upaya paksa penangkapan tersangka AP (29) di rumahnya, Kelurahan Cipayung, Jakarta Timur.

Sementara untuk motif tersangka melakukan perbuatan tersebut adalah motif ekonomi, dengan modus operandi yang digunakan adalah melakukan akses ilegal atau meretas sistem elektronik yang berisi informasi ataupun dokumen elektronik pribadi milik pelapor.

"Ini digunakan untuk melakukan pengancaman melalui media elektronik kepada korban yang dilakukan melalui perantara manajer ataupun asisten korban untuk meminta korbannya memberikan uang sebesar Rp300 juta," kata Ade Safri.

Baca Juga: Penantian Panjang, Timnas Indonesia Ukir Sejarah Tembus Putaran Ketiga Piala Dunia 2026

Namun Ade Safri menyebutkan figur publik bernama asli Ria Yunita tidak memberikan uang yang diminta tersebut kepada tersangka.

Ade Safri menyebutkan tersangka dikenakan tindak pidana pengancaman melalui media elektronik dan atau mengakses sistem elektronik milik orang lain tanpa ijin (dengan cara melawan hak), sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27B ayat (2) jo Pasal 45 dan/ atau Pasal 30 ayat (2) jo Pasal 46 dan/ atau Pasal 32 ayat (1) jo Pasal 48 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan kedua atas Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Dengan ancaman penjara maksimal delapan tahun dan denda maksimal Rp2 miliar, " kata Ade Safri. ***

Editor: Shira Ade


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah