Info Haji 2024: Kondisi Tenda Memprihatinkan, Muhaimin: Ledakan jumlah Jamaah Harus Diantisipasi

- 19 Juni 2024, 07:02 WIB
Sejumlah jamaah haji Indonesia tidur di salah satu tenda jamaah haji di Mina, Arab Saudi.
Sejumlah jamaah haji Indonesia tidur di salah satu tenda jamaah haji di Mina, Arab Saudi. /DPR/

 

INDOBALINEWS - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar meyoroti sejumlah masalah yang dialami sebagian jemaah haji Indonesia di Mina.

Salah satnya adalah ketidakadilan soal pembagian  luas tenda karena ada tenda yang berlebihan luas dan leluasa, sedangkan sebagian tenda lainnya dalam kondisi penuh.

"Ini tidak adil. Pembagian yang salah ini harus diperbaiki. Ke depan, setiap tenda harus memiliki ukuran per orang yang standar per nama, seperti di hotel," katanya. usai menginspeksi mendadak ke tenda-tenda jamaah haji di Mina Arab Saudi Selasa 18 Juni 2024.

Ia juga menyatakan prihatin dengan kondisi tenda jamaah haji Indonesia yang penuh dan tak layak untuk beristirahat.

"Satu orang hanya mendapat tempat tidur tidak sampai satu meter. Mana bisa tidur? Akhirnya tidur di lorong. Ini tidak boleh terulang," kata Muhaimin dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta dilansir dari Antara.

Baca Juga: Berenang Bersama Teman, WNA Qatar Terbawa Arus Pantai Kelingking, Keluarga Minta Evakuasi dengan Helikopter

 

Selain itu, lanjut Muhaimin, rasio jumlah kamar mandi juga tidak seimbang sehingga mengakibatkan jamaah harus mengantri hingga dua jam, serta kebersihannya pun tidak terjaga. Kemudian keberadaan kamar mandi khusus lansia dan disabilitas juga tidak memadai.

Rasio kamar mandi harus dihitung ulang, kebersihan juga tidak terjaga. Mengapa untuk wudhu harus menggunakan wastafel? Seharusnya wudhu biasa saja," katanya.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah