Jumlah Pelintas Tol Bali Mandara Meningkat 61 Persen Pasca Pandemi

- 6 Maret 2024, 06:45 WIB
Suasana di di Tol Bali Mandara. Pelintas tol meningkat 61 persen pasca pandemi.
Suasana di di Tol Bali Mandara. Pelintas tol meningkat 61 persen pasca pandemi. /Dk Humas Tol Bali Mandara

INDOBALINEWS - Manager Operation & Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandi mengungkapkan, seiring dengan pulihnya sektor pariwisata di Bali, pada tahun 2023 terjadi peningkatan volume lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara.

“Jumlah kendaraan yang melintas mencapai 14,2 juta, dengan rata-rata 38 ribu kendaraan setiap hari. Jumlah tersebut meningkat sebesar 61 persen dibandingkan dengan tahun 2022, dengan catatan jumlah kendaraan sebesar 8,7 juta atau rata-rata 24 ribu kendaraan per hari,” ungkap dia.

Meskipun terjadi peningkatan, menurutnya volume lalu lintas pada tahun 2023 belum sepenuhnya pulih pascapandemi. Jumlah kendaraan yang melintas masih lebih rendah dibandingkan dengan catatan sepanjang tahun 2019 yang mencapai 16,3 juta dengan rata-rata 45 ribu kendaraan per hari.

Baca Juga: Dari Ajang F1 Powerboat Grand Prix 2024, Kukuhkan Posisi Danau Toba Sebagai Water Sport Tourism Destination

“Oleh karena itu, kami berupaya melakukan langkah-langkah proaktif seperti peningkatan kualitas layanan dan infrastruktur untuk mendukung peningkatan dan optimalisasi volume lalu lintas di Jalan Tol Bali Mandara,” kata Putu Gandi dilansir dari Antara.

Sementara itu seperti yang diberitakan sebelumnya  PT Jasamarga Bali Tol (JBT) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan penutupan operasional Jalan Tol Bali Mandara selama 32 jam selama perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh Senin, 11 Maret 2024.

“Operasional Jalan Tol Bali Mandara akan ditutup sementara secara keseluruhan mulai hari Minggu (10/3) pada pukul 23.00 Wita, dan akan dibuka kembali pada hari Selasa (12/3) mulai pukul 07.00 Wita setelah Hari Raya Nyepi," kata Direktur Keuangan PT Jasamarga Bali Tol I Wayan Eka Saputra di Denpasar, Selasa.

Baca Juga: Dari Ajang F1 Powerboat Grand Prix 2024, Kukuhkan Posisi Danau Toba Sebagai Water Sport Tourism Destination

Ia mengatakan penutupan itu bertujuan untuk menghormati dan mendukung perayaan Hari Raya Nyepi yang memiliki makna penting bagi umat Hindu di Bali.

Halaman:

Editor: Shira Ade

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x